Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Wah, 90% Karyawan Terlalu Percaya Diri Terhadap Pengetahuan Keamanan Siber

BACA JUGA




Dengan 90% responden termasuk kategori ‘unconscious incompetence’. Artinya, partisipan yang salah masih yakin mereka memilih jawaban atau opsi yang benar.

Selanjutnya, terdapat lebih dari separuh jawaban (52%) yang dijawab dengan salah untuk pertanyaan alasan mengapa karyawan harus menggunakan sumber daya TI perusahaan (lsaat bekerja dari rumah. Dalam 88% kasus, karyawan jarak jauh berpikir, mereka dapat menjelaskan hal ini dengan benar.

Proporsi kesalahan yang hampir sama (50%) terjadi saat menjawab pertanyaan tentang cara menginstal pembaruan perangkat lunak. Dalam kasus ini, mayoritas 92% dari mereka yang memberikan jawaban salah, percaya bahwa mereka

Jika karyawan tidak melihat bahaya dalam tindakan berisiko sepertib menyimpan dokumen sensitif di penyimpanan pribadi, mereka kemungkinan tidak akan meminta petunjuk dari departemen atau Keamanan TI. Dari perspektif tersebut, sulit mengubah perilaku demikian.

Seseorang memiliki kebiasaan yang sudah tertanam dan mungkin tidak mengenali risiko terkait. “Unconscious incompetence’ salah satu masalah paling sulit diidentifikasi dan diselesaikan dengan pelatihan kesadaran keamanan,” kata Denis Barinov, Head of The Kaspersky Academy, pekan lalu. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER