Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Google Klaim memberikan Manfaat Rp 165 Triliun Bagi Konsumen dan Rp 185 Triliun ke Pelaku Usaha

BACA JUGA




FinTechnesia.com | AlphaBeta berbagi temuan utama dari laporan baru yang diluncurkan dengan Google. Yaitu Keterampilan untuk masa depan: Memperkuat ekonomi dengan meningkatkan keterampilan digital.

Laporan ini menemukan, dalam skenario dipercepat, pekerja dengan keterampilan digital memberikan kontribusi senilai Rp 4.434 triliun atau US$ 303,4 miliar ke produk domestik bruto (PDB) Indonesia tahun 2030.

Jumlah signifikan yang mewakili 16% dari total perkiraan PDB di tahun tersebut. Saat ini jumlah kontribusi PDB pekerja dengan keterampilan digital diperkirakan mencapai 6%.

Salah satu pesan utama laporan ini: memaksimalkan peluang keterampilan digital di Indonesia perusahaan harus fokus di tiga area utama. Pertama, membekali tenaga kerja saat ini dengan keterampilan digital.

Kedua, mempersiapkan pekerja generasi berikutnya di era digital. Ketiga, memberikan akses digital kepada semua orang.

Di area ini, Google telah berkontribusi banyak dalam meningkatkan keterampilan digital di Indonesia. Pada akhir tahun 2020, program digital skilling Google di Indonesia telah melatih lebih dari 1,8 juta UMKM. Program ini membahas tiga area tindakan yang dijelaskan di atas.

Membekali tenaga kerja saat ini dengan keterampilan digital, program Gapura Digital dan Women Will milik Google telah melatih sekitar 1,8 juta pemilik UMKM untuk menggunakan solusi digital marketing. Tujuannya, memperluas pelanggan yang dapat dijangkau.

Mempersiapkan pekerja generasi berikutnya dalam era keterampilan digital, Google memberikan dukungan melalui platform filantropinya, Google.org, kepada inisiatif Bebras Indonesia, yang ingin menanamkan pola pikir komputasi kepada siswa serta para guru di sekolah dasar dan menengah.

Women Will telah membantu lebih dari 550.000 wanita Indonesia dalam memanfaatkan teknologi guna memulai bisnisnya sendiri. Sekaligus mengajari remaja tentang pengamanan online demi inklusifitas dan keamanan lingkungan yang lebih baik.

Google berperan penting mendukung lebih dari 320.000 pemilik bisnis yang mengalami krisis akibat COVID-19 melalui program Grow with Google. Dengan mengikuti kelas Gapura Digital dan Women Will dalam program tersebut, bisnis ini dapat meningkatkan aliran pendapatan yang berkelanjutan di platform digital.

Survei yang dilakukan sebelum pandemi menemukan bahwa 73% UKM mengalami keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi. Dan 51% melaporkan peningkatan pendapatan atau keuntungan setelah menghadiri program Grow with Google.

Mendukung dan membantu UMKM, Google juga telah memberikan kredit iklan sebagai bagian dari komitmen global senilai Rp 11,8 triliun atau US$800 juta untuk diberikan kepada bisnis kecil agar interaksi dengan pelanggan tetap lancar. Pada tahun 2020, Google mengumumkan pinjaman modal sebesar Rp 144,3 miliaralias (US$10 juta melalui kemitraan dengan Kiva. Tujuannya menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah selama lima tahun ke depan.

Produk Google juga telah banyak memberikan manfaat ekonomi kepada bisnis dan konsumen Indonesia. Manfaat ekonomi produk Google tahun 2019. mencakup Google Penelusuran, Google Maps, Google Drive, Google Ads, AdSense, dan Google Play – diperkirakan mencapai Rp185 triliun (US$12,7 miliar) untuk bisnis Indonesia. Dan lebih dari Rp 165 triliun (US$ 11,3 miliar) untuk konsumen Indonesia. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER