Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia Salam Luncurkan Fitur Wakaf Uang

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia meluncurkan fitur Wakaf Uang di ekosistem Tokopedia Salam. Ini kolaborasi bersama sejumlah lembaga. Seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, peran teknologi menjadi semakin krusial untuk mempermudah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk menjalankan ibadah. Mulai dari Rp10.000, kini siapapun bisa membantu meningkatkan kesejahteraan sesama melalui fitur Wakaf Uang di Tokopedia.

“Kami berharap. fitur ini dapat mempermudah masyarakat berbagi kebaikan, khususnya selama Ramadan. Sekaligus ikut mendorong pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia,” kata Astri, Rabu (28/4).

Ketua Badan Pelaksana BWI, Mohammad Nuh mengungkapkan, selain menjadi salah satu bentuk ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi. Terutama membangun kemandirian ekonomi negara.

“Hal ini menjadi semakin mudah melalui kolaborasi antara BWI dan platform digital seperti Tokopedia. Juga sejalan dengan arah transformasi digital yang kita galakkan,” ujar Nuh. Menurutnya, dengan mewakafkan uang, masyarakat turut berperan dalam pembangunan ekonomi.

Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rahardjo menyatakan, Platform digital seperti Tokopedia memegang peranan penting dalam industri halal sekaligus mendorong literasi wakaf di Indonesia. “Semoga inisiatif ini pengembangan ekonomi syariah demi memperkuat ketahanan nasional,” kata Ventje.

Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam. Seperti fitur Donasi, Zakat, Fidyah, Kotak Amal dan Qurban.

elama Ramadan 2020 lalu, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat dua lipat dibanding
Ramadan 2019. Di sisi lain, pengguna Tokopedia telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban sepanjang 2020. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER