Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BSI, MES dan Pertamina Salurkan Pembiayaan Pertashop untuk Pesantren

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Syariah Indonesia (BSI) kembali memberikan dukungan pembiayaan Pertashop pada ekosistem pesantren. Selain menggandeng Pertamina, BSI menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Dalam nota kesepahaman, ketiga entitas sepakat untuk berkolaborasi dalam pengembangan bisnis Pertashop serta fasilitas pembiayaan di lingkungan pesantren. Ini sebagai wujud komitmen membangun ekonomi umat bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berbasis pesantren.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan ditengah acara Silaturahmi Wakil Presiden Republik Indonesia bersama MES di kantor Bank Syariah Indonesia, The Tower Jakarta, Jumat (4/6).

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan, segmen UMKM menjadi salah satu fokus BSI mengembangkan ekosistem halal yang bermanfaat bagi umat. Strateginya menumbuhkan segmen UMKM berbasis ekosistem/komunitas dan value chain yang  terintegrasi.

“Kami berharap dapat menggali potensi pesantren lewat kerja sama pengembangan ekonomi umat khususnya pengembangan bisnis Pertashop, penyampaian potensi lokasi hingga penjaringan pesantren, sosialisasi dan pendampingan pengembangan usaha Pertashop sampai dengan pemberian fasilitas pembiayaan,” terang Hery, Jumat (4/6).

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Kucurkan Pembiayaan ke Pertashop di Pesantren

BSI berharap mampu mendorong UMKM berkembang dan naik kelas. Tidak hanya memberikan dukungan finansial, juga pendampingan bagi pelaku usaha.

Di antaranya melalui penyediaan Pusat Pelatihan & Pendampingan UMKM, penyelenggaraan pelatihan pemasaran produk UMKM, dan pembangunan sentra UMKM di daerah. Dengan UMKM naik kelas, diharapkan dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Pertamina telah membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk pembangunan Pertashop. Kehadiran Pertashop diharapkan mempermudah masyarakat mendapatkan akses BBM yang ramah lingkungan, yaitu Pertamax dengan harga yang sama seperti di SPBU.

Sebelumnya, Pertamina juga telah membangun Pertashop di Pesantren. Melalui kerjasama ini kehadiran Pertashop di lingkungan Pesantren akan bertambah.

“Hadirnya Pertashop di pesantren merupakan bentuk komitmen Pertamina sebagai BUMN, dalam pemerataan energi berkualitas, dan menggerakan perekonomian nasional. Mulai dari tingkat desa melalui UMKM dan pemberdayaan masyarakat kecil dengan investasi terjangkau,” ucap Nicke. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER