Selasa, 30 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

OVO Pimpin Pembayaran Digital, ShopeePay Jagoan di E-Commerce

BACA JUGA




Berdasarkan kesadaran merek, responden menilai l OVO merupakan platform pembayaran digital yang paling mereka kenal. Dengan perolehan persentase sebesar 96%.

Menyusul GoPay dengan raihan 95%. Selanjutnya, DANA juga memiliki tingkat kesadaran merek cukup tinggi yaitu sebesar 93%. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan ShopeePay (81%).

Walaupun memiliki kesadaran merek lebih rendah, ShopeePay mampu mendapatkan pengguna aktif sebanyak 57%. Lebih besar dari pengguna aktif DANA yaitu 46%. 

Apabila dianalisis lebih lanjut dari jumlah pengguna aktif, OVO juga mendominasi dengan perolehan skor sebesar 71%. Disusul GoPay sebesar 64%.

Khususnya dalam hal transaksi pemesanan makanan online, OVO bersaing ketat dengan GoPay. Tapi tepat memimpin transaksi pemesanan makanan online dengan skor 81%. Sedangkan GoPay memperoleh persentase sebesar 75%.

Pola yang sama terlihat dalam hal transaksi offline. OVOmerupakan platform pembayaran digital yang paling banyak digunakan. Salah satunya untuk transaksi di warung, OVO unggul dengan skor 38%. Sementara DANA menempati posisi kedua dengan skor 36%.  

Dengan kondisi pengguna aktif terbesar, 31% responden juga menjadikan OVO sebagai merek yang paling sering mereka gunakan. Menyusul GoPay (25%), dan ShopeePay (20%) dibanding platform pembayaran digital lainnya.

Berbeda dengan OVO, platform pembayaran digital ShopeePay dipilih oleh responden dengan alasan gencarnya promosi.

Lalu biaya top up yang rendah, dan cenderung digunakan bertransaksi kebutuhan harian. Hal ini berkaitan dengan ekosistem ShopeePay yang terhubung dengan Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. 

Terkait adanya instrumen layanan keuangan digital lain pada platform pembayaran digital, OVO mencatat poin tertinggi dalam kesadaran responden terhadap fitur asuransi dan investasi.

Sebesar 63% responden mengenal fitur investasi di OVO. Dan 44% pernah menggunakan fitur tersebut. Sedangkan GoPay dan ShopeePay memimpin dalam kesadaran responden terhadap fitur Pay Later yang dihadirkan keduanya dengan pencapaian 58% untuk GoPay dan 59% untuk ShopeePay. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER