Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

EWINDO Dukung Sistem Pertanian Berbasis Data dengan Teknologi Microsoft

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perusahaan produsen benih hortikultura PT East West Seed Indonesia (EWINDO) terus meningkatkan produktivitas serta kualitas hasil panen para petani Indonesia. Yakni melalui penyediaan benih sayuran berkualitas, serta pelatihan dan pembinaan teknik kultivasi modern bagi petani.

EWINDO sadar digitalisasi memainkan peran yang sangat penting. Terlebih di tengah pandemi yang menuntut akselerasi transformasi digital industri. Karena itu, EWINDO menggandeng Microsoft untuk mempercepat transformasi digital di semua lini perusahaan.

Kini, dengan transformasi digital di seluruh industri menjadi sebuah arahan utama bagi Indonesia, percepatan digitalisasi pertanian pun menjadi sangat penting. Karena dapat semakin memberdayakan ekonomi digital Indonesi,” ujar Glenn Pardede, Managing Director PT East West Seed Indonesia, Rabu (15/12).

Melihat besarnya potensi tersebut bagi peningkatan kesejahteraan petani, EWINDO mulai mempercepat transformasi digital perusahaan dengan menggandeng Microsoft di awal tahun 2021. Memanfaatkan teknologi berbasis cloud sebagai pusat transformasi, EWINDO memulai percepatan transformasi digital ini dengan mengembangkan sistem agrikultur berbasis data.

Mulai dari kegiatan riset perusahaan dalam menghasilkan benih berkualitas, penyimpanan dan visualisasi data, hingga pendistribusian benih ke jutaan petani yang tersebar di seluruh area di Indonesia.

Selama ini, proses pengolahan tersebut dapat memakan waktu sekitar 24 jam karena pengolahan data perlu dilakukan on premise. Namun, setelah bertransformasi bersama Microsoft dengan memanfaatkan teknologi cloud, pengolahan data ini dapat dipangkas menjadi sekitar 5 jam.

Insights yang dapat kami tarik pmampu dilakukan secara lebih mendalam, termasuk dengan memanfaatkan data-data riset sebelumnya. “Hasilnya, kami dapat terus menyediakan benih lokal mutakhir yang dapat menghasilkan sayuran berkualitas. Sehingga membantu meningkatkan kualitas panen para petani di Indonesia dan berkontribusi terhadap kesejahteraan mereka,” lanjut Glen,

Contoh lain mengenai pentingnya memanfaatkan pertanian berbasis data ada di bidang penyimpanan serta visualisasi data. Memanfaatkan Azure Datawarehouse dan Power Business Intelligent (BI), kombinasi kedua teknologi ini memungkinkan EWINDO untuk mengintegrasikan seluruh data hanya pada satu platform saja, mengidentifikasi masalah, dan mengambil keputusan secara cepat dan akurat. Misalnya, untuk memprediksi permintaan pasar.

Fiki Setiyono, Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia mengatakan, EWINDO berinovasi menggunakan Microsoft cloud untuk memaksimalkan pertanian berbasis data, serta memberdayakan jutaan petani Indonesia. “Secara kolektif, inovasi ini akan kita bangun guna memajukan sektor pertanian Indonesia dan memberdayakan para petani dalam negeri,” ujar Fiki. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER