Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

KUMPUL Ajak Penggerak dan Pegiat Startup Manfaatkan Teknologi AI

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perkembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah tumbuh pesat. Seiring akselerasi perkembangan teknologi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini.

Penelitian tentang AI dimulai sejak tahun 1950-anhingga memasuki era industri 4.0 sekarang ini, perkembangan AI telah mengalami kemajuan sangat signifikan.

Penerapan teknologi AI dalam berbagai bidang industri, kini telah menjadi tren. Karena dianggap dapat meningkatkan efektivitas kerja.

Dalam studi yang dilakukan PwC terhadap 1.000 eksekutif di perusahaan Amerika Serikat (AS) menemukan data, sebanyak 86% atau hampir semua perusahaan mengatakan, AI menjadi “teknologi arus utama” di perusahaan mereka pada tahun 2021.

Kemudian sebanyak 52% perusahaan mempercepat rencana adopsi AI mereka karena krisis pandemi Covid-19. Di Indonesia sendiri, belakangan ini semakin banyak startup yang telah menerapkan AI.

Tren ini diyakini terus berlanjut. Dan menjadi potensi baru yang positif bagi perkembangan industri di Indonesia, khususnya industri digital.

KUMPUL sebagai penggerak ekosistem entrepreneurship dan startup di Indonesia, bersama Huawei Cloud Indonesia, mengajak para penggerak industri dan pegiat startup untuk bertemu dan berdiskusi tentang AI.

CEO & Co-Founder KUMPUL, Faye Wongso mengatakan, penerapan AI memiliki banyak dampak baik. Salah satunya meningkatkan efektivitas kerja.

Sistem kerjanya cenderung bekerja lebih cepat, akurat, dan minim kesalahan akibat human error. AI akan tetap menjadi tren utama dalam hal perkembangan teknologi dan inovasi yang secara fundamental akan mengubah cara kita hidup dan bekerja.

KUMPUL melalui program IN-Connect ini mengajak dan mendorong semua penggerak dan pegiat startup memanfaatkan AI demi memajukan perusahaan masing-masing di era transformasi digital,” terang Faye, pekan lalu.

“Saya selalu menemukan pilihan startup menarik dari IN-Connect. Dan data yang mereka berikan sangat berguna. Acara seperti IN-Connect ini membawa dampak positif bagi perekonomian,” kata Gabriella Thohir, Investasi Associate Skystar Capital. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER