Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Fraction Dapat Pendanaan dari East Ventures dan Emtek Senilai US$ 3 Juta

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Fraction mengumumkan perolehan dana sebesar US$3 juta dalam putaran pra-seri A yang dipimpin oleh East Ventures. Serta partisipasi dari Emtek Group (Grab, Bukalapak), Thakral Limited, V Ventures, dan sekelompok investor regional.

Pengumpulan dana ini sejalan dengan penerimaan ICO Portal License Thailand (bergantung atas persetujuan aktivasi) dari Securities and Exchange Commission of Thailand (SEC).

Dan rencana yang telah diumumkan sebelumnya untuk menawarkan kepemilikan secara parsial (fractional ownership) dari beberapa aset real estat ikonik di Thailand pada kuartal I 2022 melalui platform fractional ownership end-to-end. Serta didukung oleh non-fungible token (NFT) dan blockchain.

Fraction telah mengembangkan platform terpadu pertama di dunia pada bidangnya. Meliputi

  • Digitalisasi dan kepemilikan aset secara fraksi yang terintegrasi.
  • Penawaran fraksi perdana kepada para investor alias initial fraction offering (IFO).
  • Platform perdagangan token fraksi pada pasar sekunder di antara para investor.
  • Seluruh layanan untuk mengakomodasi pengalaman end-to-end.

Fraction akan menggunakan dana baru ini untuk mengeksekusi rencana sebelumnya. Yakni meluncurkan penawaran kepemilikan parsial real estat pertama.

Serta mempercepat pertumbuhan beberapa kelas aset, layanan, dan yurisdiksi untuk merevolusi dan mendemokratisasikan akses ke investasi dan modal bagi jutaan orang yang saat ini belum memiliki akses terhadap aktivitas investasi yang menghasilkan kekayaan.

“Kami senang menjadi pelopor dalam menerapkan NFT dan solusi digital ethereum terdesentralisasi. Ini untuk mengelola kepemilikan atas banyak aset secara parsial. Peluang pertumbuhan untuk Fraction sangatlah besar. Pasar tokenisasi real estat diperkirakan akan bernilai US$ 80 triliun dan kami senang dapat berada pada garis terdepan gelombang baru konvergensi keuangan dan teknologi blockchain,” kata Eka Nirapathpongporn, Co-Founder dan CEO Fraction, pekan lalu.

Ia adalah mantan Managing Director dan Partner di Lazard, sebuah firma penasihat keuangan dan manajemen aset global yang berbasis di New York.

Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures mengatakan, pihaknya semakin bersemangat akan peluang pertumbuhan yang besar dari platform ini. Membuat digitalisasi dan kepemilikan secara parsial akan aset dunia nyata menjadi aktivitas sehari-hari yang mudah.

“Real estat adalah kelas aset pertama dan kami berharap dapat mendukung Fraction seiring dengan perkembangannya menjadi beberapa kelas aset dan yurisdiksi,” ujar Wilson.

Fraction telah didukung oleh beberapa nama terkenal pada putaran pendanaan awal (seed funding). Baik dari industri teknologi maupun keuangan tradisional. Termasuk SINGHA Ventures, Tanarra Capital milik John Wylie dan Skystar Capital Indonesia. (sen)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER