Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Awal Tahun Ketiga Pandemi, Ini Adaptasi Chatbot dan Kegunaan bagi Perusahaan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Teknologi lsemakin memberikan kemudahan bagi pelaku usaha. Serta menyajikan pengalaman baru kepada masyarakat yang kini semakin terbiasa menggunakan ragam teknologi dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satunya, penggunaan teknologi kecerdasan buatan. Atau kerap disebut artificial intelligence (AI).

Penerapan teknologi AI lumrah ditemui sehari-hari dalam banyak platform yang umum digunakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Mulai e-commerce, finansial, telekomunikasi, retail, kesehatan dan berbagai industri lainnya. 

Riset Global Survey The State of AI in 2021 milik McKinsey menuturkan selama 2021 tingkat adopsi machine learning, computer vision, dan natural language processing (NLP) mencapai 57%. H aik sebanyak 45% dari tahun 2020. Ini menandakan pengaplikasian AI terus meningkat dan mulai banyak dirasakan manfaatnya bagi pelaku usaha.

Kata.ai, salah satu perusahaan teknologi AI dan NLP dari indonesia, melihat pada tahun 2022 penggunaan teknologi chatbot akan memberikan dampak positif terhadap banyak industri. 

Di lain sisi, fungsi chatbot akan dirasakan langsung oleh konsumen. Serta memberikan layanan yang lebih maksimal terhadap para konsumen dari bermacam industri. 

Irzan Raditya, CEO & Co-Founder Kata.ai mengungkapkan, kemampuan teknologi AI semakin terus berkembang secara pesat, tingkat adopsi yang semakin masif menunjukkan implikasi positif terhadap banyak industri salah satunya lewat teknologi chatbot

Dengan chatbot, perusahaan mampu memetakan fungsi-fungsi yang dapat diakomodir oleh teknologi ini. Khususnya yang berkaitan langsung dengan konsumen. 

“Perubahan gaya konsumsi dari sisi konsumen menuntut banyak industri untuk memberikan layanan maksimal, cepat, dan responsif ketika berhubungan langsung dengan konsumennya masing-masing,” kata Irzan, pekan lalu.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER