Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pasar Drone Diprediksi akan Meningkat 13%-15% hingga Lima Tahun ke Depan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perkembangan teknologi drone meningkat setiap tahun. Terra Drone membagikan prediksi pasar drone 2022. Pasar drone di dunia diprediksi akan meningkat 13%-15% hingga 5 tahun ke depan. Asia menjadi wilayah yang diperkirakan mengalami peningkatan pasar cukup signifikan.

Didominasi oleh Jepang, Cina, India dan Asia Tenggara. Droneii, perusahaan peneliti market drone juga memprediksi, pendapatan industri akan mencapai US$ 15 miliar pada tahun 2022. Hal tersebut datang dari hardware, software dan penggunaan jasa drone itu sendiri.

Saat ini, beberapa kegunaan utama drone sendiri adalah pemetaan & survey serta inspeksi. Di sektor energi, sekitar 83%, drone digunakan untuk melakukan inspeksi. Sedangkan industri lain drone banyak digunakan untuk inspeksi adalah real estate, rental & leasing, dan industrial Ppant (67%).

Di sektor konstruksi, drone paling banyak (80%) digunakan untuk pemetaan dan survei. Aplikasi drone besar ketiga dalam industri adalah fotografi dan pembuatan film,.

Ryan Fadhilah Hadi, Deputi Direktur International Business – Asia Pacific Region Terra Drone Corporation mengungkapkan, ekosistem global juga berkembang. Dari hanya ratusan perusahaan drone pada tahun 2016 menjadi ribuan pada tahun 2020./

“Tidak hanya jumlah perusahaan yang tumbuh tetapi juga segmen industri baru mulai banyak diperkenalkan,” kata Ryan, belum lama ini.

Di Indonesia akan lebih banyak penerbangan uji coba yang akan terjadi pada tahun 2022. Serta membuka lanskap drone untuk digunakan dalam logistik & transportasi di Indonesia.

Selain itu semakin banyak lembaga pemerintah yang membuka pintu bagi teknologi drone ini. Seperti focus pemerintah di sektor pertanian yang mulai menggunakan drone untuk kebutuhan penyemprotan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga sudah mengakui drone sebagai salah satu alat penting dalam konteks tanggap bencana. S

Di sektor utilitas dan energi seperti PLN dan anak perusahaannya juga telah memiliki beberapa pengalamanmenerapkan drone untuk bisnis mereka dan ini akan terus terjadi di tahun-tahun. Khususnya untuk survei & inspeksi saluran listrik, integritas aset pembangkit listrik & fasilitas hingga perencanaan rute transmisi.

Michael Wishnu Wardana dalam kesempatannya mengungkapkan, “Drone akan mengambil lebih banyak peran, Membawa lebih banyak nilai & manfaat bagi industri & publik, dan akan terus berkembang sepanjang tahun,” kata Michael, Managing Director Terra Drone Indonesia. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER