Rabu, 8 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kulkas Berjalan, Bank DBS Indonesia Membagikan Makanan Berlebih ke Masyarakat Terdampak Pandemi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) dalam memprakarsai program Kulkas Berjalan. Program yang disebut Mobil Pangan Umat, yang memberikan donasi makanan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Burada di enam lokasi di Jakarta.

Program ini bertujuan untuk mengurangi sampah makanan dengan mengumpulkan sisa bahan pangan yang masih layak konsumsi untuk dijadikan sajian makanan baru. Lalu dibagikan ke penerima manfaat dalam kurun waktu dua pekan.

Program ini merupakan lanjutan kampanye Makan Tanpa Sisa. Program yang berupaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan akibat limbah makanan yang membahayakan lingkungan.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia menghasilkan 22,9 ton sampah per tahun. Dan 27,9% dari keseluruhan sampah tersebut merupakan sampah makanan.

CEO Foodbank of Indonesia, Hendro Utomo mengatakan, permasalahan sampah dari industri makanan masih menjadi masalah serius yang perlu ditangani oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mencegah makanan yang masih layak konsumsi menjadi sampah makanan.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat untuk memerangi kelaparan di sekitar kita. Skaligus merawat bumi dari krisis iklim dengan menghabiskan dan berbagi makanan kepada yang membutuhkan,” terang Hendro, Jumat (18/2)

Kulkas Berjalan merupakan mobil panganyang dibentuk menyerupai kulkas. Berkeliling di Jakarta untuk membagikan sajian makanan dari sisa bahan pangan yang masih layak konsumsi yang dikumpulkan dari supermarket chain.

Bahan pangan tersebut diolah menjadi sajian makanan yang baru dan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan. Program ini akan dilaksanakan selama dua pekan di enam lokasi di tiga daerah berbeda. Yakni Pesanggrahan, Kebayoran Lama, serta Tanah Abang, Jakarta. Donasi ini akan dibagikan ke 1.200 warga yang membutuhkan.

Head of Group Strategic Marketing & Communications Bank DBS Indonesia, Mona Monika mengatakan, Bank DBS Indonesia secara aktif memprakarsai gerakan peduli lingkungan.

“Makanan yang dibagikan ini diproduksi dari bahan pangan yang memiliki pasokan berlebih (surplus) sebagai upaya dalam menyelamatkan makanan yang berpotensi menjadi sampah,” kata Mona. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER