Minggu, 5 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Cetak Pendapatan Rp 26,8 Triliun Tumbuh 3%, Laba Bersih Rp 1,3 Triliun

BACA JUGA




Selain berhasil mencatatkan laba bersih yang tertinggi sejak 2013, perseroan juga mampu meningkatkan kontribusi pendapatan data menjadi 94%. Tertinggi di industri. 

Pendapatan data per akhir 2021 tercatat sebesar Rp 23,42 triliun. Naik 5,4% yoy.

Perseroan juga berhasil menjaga ARPU blended di angka Rp 36.000. Dengan jumlah pelanggan XL Axiata hingga akhir tahun 2021 ada sebanyak 57,9 juta dan tingkat penetrasi smartphone meningkat sebesar 4% YoY menjadi 92%. 

Ada sejumlah peluang positif industri telekomunikasi di tahun 2022. Peluang-peluang tersebut yakni pertama, pemulihan ekonomi. 

Kedua, cara kerja digital. Termasuk di lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari masyarakat, akan menciptakan permintaan jangka panjang struktural untuk data.

Selanjutnya, adalah potensi peningkatan permintaan untuk layanan fixed broadband (FTTH) karena tuntutan bekerja dari rumah dan kerja secara hibrida.

“Kami melihat peluang pengembangan layanan konvergensi yang sangat luas di masa mendatang,” kata Dian. 

Di sisi lain, secara bisnis, layanan konvergensi juga akan meminimalkan tingkat churn serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan akuisisi Linknet, hal ini akan sangat mendukung pengembangan bisnis konvergensi ke depan. (sen)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER