Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Terus Berupaya Meningkatkan Kualitas Jaringan Data

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan data. Ini guna mengimbangi peningkatan trafik dari tahun ke tahun.

Memastikan kebutuhan jaringan berkualitas terpenuhi di tahun 2022 ini, XL Axiata menetapkan fokus pembangunan jaringan. Yaitu meningkatkan kapasitas, efisiensi, serta optimasi guna menghadirkan pengalaman pelanggan (customer experience) lebih baik dari sebelumnya. Sejumlah inisiatif telah mulai diimplementasikan sejak awal tahun ini untuk merealisasikan tujuan tersebut.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, inisiatif dan upaya peningkatan kapasitas jaringan, efisiensi, dan optimisasi jaringan tersebut mencakup radiotransport, dan core. Termasuk melakukan fiberisasi dan implementasi teknologi-teknologi baru.

Selain itu, penataan ulang teknologi 3G ke 4G untuk meningkatkan kecepatan unduh jaringan XL Axiata.  Berbagai inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan dapat mendukung kebutuhan gaya hidup digital masyarakat Indonesia terus meningkatkan.

“Pengalaman digital yang andal menjadi salah satu kebutuhan utama sepertikecepatan akses internet, kualitas sinyal di dalam ruangan, hingga koneksi saat main gim atau mengakses konten hiburan,” terang Gede, Kamis (11/8).

Gede menambahkan, hasil survey OpenSignal per Semester 1 2022 belum lama menempatkan XL Axiata sebagai operator terbaik pada kategori “Kecepatan unduh (Download Speed Experience)” dan “Pengalaman menonton dan streaming video (Video Experience)”.

Itubukti atas upaya keras XL Axiata dalam mengimplementasi berbagai inisiatif dan meningkatkan kualitas jaringan tahun ini. Hasil survei berkala tersebut juga menunjukkan, langkah XL Axiata menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan sudah efektif.

Menurut hasil survei OpenSignal tersebut, XL Axiata memiliki kecepatan unduh rata-rata tercepat. Yaitu 18,7 Mbps, lebih cepat 15,2% hingga 108,1% daripada kecepatan perator lain. 

Baca juga: XL Axiata Selesaikan Pembangunan SKKL Batam – Serawak

Sementara pada kategori Pengalaman menonton dan streaming video, XL Axiata meraih skor penilaian sebesar 44,8 point. Dengan pertumbuhan akses streaming video yang meningkat pesat, kualitas pengalaman pengguna menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

Kualitas pengalaman akses streaming video diukur dari parameter teknis, termasuk kualitas gambar, waktu pemuatan video, laju penundaan, dan lain sebagainya.

Pada fokus pembangunan jaringan XL Axiata di 2022, sejumlah inisiatif telah mulai dijalankan sejak awal 2022,. Mencakup beberapa aspek.

Pertama, peningkatan customer experience. Dengan penerapan intelligence and automation guna meningkatkan kemampuan jaringan. Hal ini meliputi otomatisasi pada konfigurasi jaringan, optimasi, self-diagnostic, serta pemulihan jaringan. 

Selain itu, XL Axiata juga sudah mengimplementasi automated optimization untuk VoLTE services. Serta value-based planning toolsyang melibatkan beberapa aspek strategis bisnis dalam perencanaan jaringan.

Dengan penerapan intelligence and automation ini, XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat. Intelligence and automation ini diaplikasikan pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan.

Aspek kedua, memberikan pengalaman layanan digital yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti penyediaan layanan yang terintegrasi untuk mobile consumer dan home, serta penyediaan kapasitas jaringan yang sesuai dengan kebutuhan tiap area.

Aspek ketiga yang tidak kalah penting adalah menyediakan pengalaman layanan yang lebih andal. Di aspek ini XL Axiata menargetkan 100% ketersediaan jaringan dengan menambah BTS 4G yang menjangkau kota-kota di Indonesia. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER