Kamis, 8 Desember 2022

Bunga Meningkat, Pertumbuhan Kredit Baru Mulai Melambat

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Bersiaplah. Kenaikan suku bunga mulai berdampak ke penyaluran kredit. 

Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan secara triwulanan (qtq) penyaluran kredit baru pada triwulan III 2022 tumbuh positif. Namun pertumbuhannya menurun. 

Hal ini terindikasi dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kredit baru sebesar 88,1%. Tetap tumbuh positif meski lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 96,9%. 

Baca juga: Penyaluran Kredit Perbankan di Agustus 2022 Tumbuh 10,62%

“Pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis penggunaan, tercermin dari nilai SBT yang seluruhnya tercatat positif. Pada triwulan IV 2022, penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh lebih tinggi, terindikasi dari SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 90,0%,” terang Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI,  Erwin Haryono, Jamat (21/10).

Standar penyaluran kredit pada triwulan IV 2022 diprakirakan sedikit lebih longgar dibandingkan periode sebelumnya.

Hal ini terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) negatif sebesar -1,9%. Kebijakan penyaluran kredit diperkirakan lebih longgar, terutama pada aspek biaya persetujuan kredit.


Hasil survei menunjukkan responden tetap optimistis terhadap pertumbuhan kredit ke depan. Responden memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2022 sebesar 8,5% (yoy). Angka ini meningkat dibandingkan 5,2% (yoy) pertumbuhan pada 2021.p

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER