Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tahun Lalu, Pertumbuhan Penyaluran Pembiayaan Modal Rakyat Melesat Hampir Dua Kali Lipat 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sepanjang tahun lalu, Modal Rakyat tumbuh hampir dua kali lipat. Kinerja platform P2P lending ini menyalurkan pinjaman ke beberapa industri terutama bagi UKM. 

Hal ini menunjukan bahwa tingginya kebutuhan UKM terhadap akses pendanaan. ini Bagian dari Fazz Group tersebut menunjukkan angka positif dengan berhasil mencetak laba sepanjang tahun 2022. 

Penyaluran pendanaan Modal Rakyat mengalirkan ke berbagai Industri. Sektor industri yang paling banyak didanai oleh Modal rakyat berasal dari sektor industri Trading, Distribusi, Fast Moving Consumer Goods, Logistik, hingga Teknologi. 

Untuk meningkatkan profit marginpada tahun 2023, Modal Rakyat akan terus fokus untuk mengembangkan fundamental bisnis serta melakukan perluasan jangkauan kemitraan strategis. Yakni dengan berbagai ekosistem distributor yang memiliki jaringan mitra yang tersebar luas.

Baca juga: CrediMart dan Modal Rakyat Memperluas Akses Pembiayaan Produktif bagi Toko Ritel

Co-Founder dan CEO Modal Rakyat, Hendoko Kwik mengatakan, dengan membuka kolaborasi seluas-luasnya dengan banyak mitra telah terbukti menjadi salah satu pendorong kinerja penyaluran pinjaman sepanjang tahun lalu. 

“Strategi ini akan diakselerasi pada tahun ini. Modal Rakyat akan lebih fokus ke kolaborasi strategis dengan berbagai stakeholders yang akan diimplementasikan melalui ragam layanan keuangan inklusif Modal Rakyat yang semakin komprehensif,” ujarnya, pekan lalu.

Salah satu kerja sama strategis yang berpengaruh besar dari sisi penyaluran, misalnya melalui skema supply chain financing dengan perusahaan mitra yang berasal dari industri-industri di atas. Melalui skema tersebut, Modal Rakyat menyalurkan pinjaman tidak hanya kepada satu perusahaan, melainkan kepada sejumlah perusahaan yang masih berada dalam jaringan mitra perusahaan principal.

Modal Rakyat juga telah bekerja sama dengan lebih dari 138.000 client dari berbagai industri di Indonesia. Adapun kerja sama dari sisi pemberi pinjaman (lender), tergambar dari dukungan pendanaan dari 46 mitra perbankan dan multifinance. Dengan total penyaluran sekitar Rp 5,1 triliun sepanjang 2022, atau 74% persen dari total pendanaan.

“Harapannya dengan terus memperluas kolaborasi di periode 2023 ini, Modal Rakyat bisa menjangkau segmen UKM yang lebih masif. Serta akan terus fokus menjalin kerjasama dengan ekosistem distributor sangat berpeluang untuk tumbuh stabil di tengah isu pelemahan ekonomi secara global,” tambahnya. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER