Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Memprediksi, Trafik Layanan Data Melonjak Hingga 11,2% di Masa Ramadan dan Idul Fitri 2023

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mennyambut Ramadan dan Idul Fitri 1444 H (RAFI 2023), Telkomsel berharap dapat terus membuka lebih banyak peluang mendampingi kehangatan aktivitas dan silaturahmi masyarakat. Ini bersamaan dengan pemerintah yang membuka kemudahan pembatasan aktivitas masyarakat pasca masa pandemi COVID-19 yang semakin mereda.

Telkomsel memproyeksikan akan ada pergerakan yang cukup signifikan terhadap trafik komunikasi pelanggan selama RAFI 2023. Trafik layanan data/broadband, diperkirakan melonjak hingga 11,2% dibandingkan hari biasa.

Pertumbuhan tersebut diperkirakan dari aktivitas digital masyarakat selama RAFI 2023. Sseperti akses layanan media sosial yang melonjak hingga 6,2%.

Lalu layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) sekitar 20% layanan streaming video tumbuh 15,6%, layanan mobile gaming naik 32,4%, akses browsing melonjak 2,4%, dan akses layanan e-commerce meningkat 7%.

Sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi menurun 8,5%. Serta layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekitar 7,1%.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, Ramadan dan Idul Fitri tahun ini terasa akan semakin penuh makna seiring kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan untuk masyarakat beraktivitas pasca masa pandemi COVID-19 yang sudah mereda.

“Telkomsel sendiri terus mengambil peran terdepan mempersiapkan berbagai inisiatif aktivitas perusahaan guna memastikan kelancaran serta kenyamanan pelanggan beraktivitas dan beribadah di bulan suci yang penuh keberkahan,. Melalui dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini yang melampaui ekspektasi pelanggan,” terang Hendri, Selasa (21/3).

Mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023 ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga:  Telkomsel dan Huawei Mengeksplorasi Teknologi Bersama

POI tersebut mencakup 59 area residensial, 68 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan). Juga 315 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan).

Lalu 28 area jalur mudik utama, serta 20 masjid raya. Serangkaian uji jaringan di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 17.895 Km juga telah dilakukan Telkomsel guna memastikan pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan/ Termasuk menjangkau 2.725 ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

Penguatan kapabilitas infrastruktur jaringan melalui peningkatan kapasitas 277 unit BTS 4G/LTE. Lalu penambahan 221 unit BTS 4G/LTE baru, serta mengoperasikan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Itu melengkapi lebih dari 260.000 unit BTS Telkomsel yang melayani 96% wilayah populasi di Indonesia. Dan hampir seluruhnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE.

Upaya lain menambah kapasitas jaringan untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total menjadi 11.772 Gbps. Sedangkan untuk Internet, terdapat penambahan kapasitas sehingga total menjadi 12.590 Gbps.

Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, jaringan teknologi VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel. Fasilitas ini telah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang dapat digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER