Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

TSurvey.id Umumkan Hasil Riset dan Survei Ramadan Consumer Behavior Insight 2023 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Solusi tSurvey.id dari Telkomsel Enterprise merilis hasil riset dan survei terbaru. Yakni terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023.

Survei melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel di 27 provinsi Indonesia.

Hasilnya, tSurvey.id menemukan beberapa valuable insights. Terutama terkait pola mudik lebaran masyarakat. 

Sebanyak 72% responden lebih memilih mudik untuk libur Lebaran. Sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Hasil survei juga menunjukkan, sebanyak 28% responden memilih untuk berlibur ke kota lain. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81% di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu pekan hingga satu bulan sebelum hari lebaran.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, survei ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis menjangkau pasar yang lebih luas melalui program marketing Ramada. 

“Telkomsel berkomitmen memberikan berbagai layanan digital dan inisiatifnya. Sehingga bisa membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat dengan memaksimalkan potensinya melalui pemanfaatan teknologi digital,” kata Alfian, Senin (3/4).

Baca juga: Telkomsel Perluas Portofolio Layanan Digital, Luncurkan tSurvey.Id

Berdasarkan hasil riset dan survei lebih dalam terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023, menemukan, 40% responden memilih masuk kerja tepat waktu dan pulang lebih cepat agar bisa menikmati waktu menunggu berbuka di rumah.

Sektar 60% responden juga lebih suka memasak makanan mereka sendiri untuk sahur dan berbuka. Namun, terdapat insight lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka, frozen food menjadi alternatif favorit untuk sahur. 

Berbuka puasa bersama di restoran menjadi preferensi favorit responden. Menyusul dengan berbuka puasa bersama di rumah kerabat. Ssebanyak 45 persen responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama, serta anggaran antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Terkait pengeluaran selama Ramadan, hampir 20 persen responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp 2,5 juta untuk berbelanja. Makanan dan minuman menjadi kategori produk dengan kenaikan anggaran tertinggi yang kemudian disusul untuk fashion, seperti pakaian dan sepatu. 

Tiga kategori teratas yang dibeli responden secara impulsif dengan mencakup untuk fashion (74 persen), makanan/minuman (48 persen), dan barang elektronik (24 persen).

“Solusi tSurvey.id dari Telkomsel Enterprise hadir sebagai solusi yang mampu mengoptimalkan program marketing pelaku bisnis dari awal hingga akhir.,” pungkas Alfian. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER