Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Agar Rumah Bisa Mengurus Dirinya Sendiri, Dyson Mengumumkan Teknologi Baru

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Produk yang menggabungkan otomasi, peranti lunak canggih, dan kecerdasan dengan performa membersihkan terbaik. Itulah produk baru Dyson.

Dari St James Power Station, Singapura, Chief Technology Officer Dyson, John Churchill memperkenalkan teknologi-teknologi baru tersebut seraya menyajikan sekilas visi Dyson tentang rumah bersih di masa depan.

Menurut John, robotika, penginderaan, kecerdasan adalah bidang yang lazim dianggap ‘teknologi masa depan. Aspek-aspek ini telah sejak lama merupakan bagian dari pengembangan produk di Dyson. 

“Visi masa depan kami, rumah yang bisa mengurus dirinya sendiri. Teknologi-teknologi baru yang kami luncurkan adalah perwujudan hal tersebut. Penyedot debu robotik, penjernihan udara ruang besar secara cerdas, dan bersih-bersih aktif, penyedot debu nirkabel dan teknologi kepala pembersih baru yang menawarkan pembersihan multifungsi adaptif ketika dan di tempat Anda membutuhkannya,” jelas John, pekan lalu. 

Robot penyedot debu Dyson 360 Vis Nav misalnya, memiliki sensor yang mendeteksi tepi ruangan dan mengarahkan pengisap melalui aktuator samping untuk pembersihan yang presisi. 

Memecahkan salah satu tantangan terbesar robot pembersih, yaitu membersihkan tepi dan sudut ruangan. Prosesor tingkat tingginya mampu berpikir dan beradaptasi, menyesuaikan posisinya dalam rentang 71 mm.

Teknologi penyedot debu nirkabel Dyson menggunakan sensor acoustic piezo untuk menghitung dan mengategorikan debu partikel. Juga enginformasikan pada pengguna melalui layar LCD kapan harus menyelesaikan, atau melanjutkan pembersihan. Informasi ini juga menentukan daya hisap yang dibutuhkan, serta akan otomatis menyesuaikan tingkat kekuatan daya.

Lalu Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde memiliki sensor yang terintegrasi. algoritma Dyson yang unik memeriksa ulang data setiap detik. Menganalisis udara dalam ruangan, mengaktifkan pemurnian udara saat level polutan meningkat, dan mematikan alat setelah ruangan telah dibersihkan secara menyeluruh. 

Sensor solid-state yang unik secara tepat mendeteksi zat formaldehida, membedakannya dengan zat VOC (senyawa organik volatil) lainnya.

Peranti lunak yang terinstal dalam mesin Dyson dapat membantu mengurangi kecemasan pengguna. Sensor dalam penyedot debu Gen5detect. Memonitor kecepatan, kekuatan, dan suhu motor penggeraknya. 

Bersamaan dengan UI (user experience) yang dirancang ulang, pengguna dibantu untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah potensial,. Sehingga dapat merawat mesin secara mandiri. Teknologi perangkat lunak over-the-air memastikan mesin secara otomatis melakukan pembaruan ke fitur terbaru.

Dyson telah mengembangkan teknologi motornya sendiri sejak 2004. Dengan menginvestasikan lebih dari 350 juta euro untuk penelitian, laboratorium, tim khusus, dan kemampuan manufaktur. 

Motor Hyperdymium   generasi kelima kini lebih kecil, cepat, dan kuat dibanding pendahulunya, serta mampu berputar di kecepatan 135.000rpm – sembilan kali lebih cepat dari mesin Formula One. 

Baca juga: Membenamkan AI, Ini Deretan Produk Samsung di CES2021

Menjadi mesin penggerak penyedot debu nirkabel Dyson Gen5detectTM, motor generasi kelima ini menghasilkan daya hisap yang kuat untuk pembersihan berkualitas tinggi, melalui daya hisap 262 air watts.

Proses pemisahan partikel dari aliran udara atau biasa disebut filtrasi, telah menjadi fokus produk-produk Dyson selama 30 tahun. Selama periode tersebut, Dyson telah berinvestasi dalam laboratorium dan rig uji yang mengukur efektivitas filtrasi tidak hanya pada filter seperti yang ditetapkan oleh standar industri, tetapi juga pada level mesin secara keseluruhan. 

Penyedot debu robotik Dyson 360 Vis Nav merupakan terobosan teknologi. Dilengkapi daya isap enam kali lebih kuat dibanding penyedot debu lain. Dyson 360 Vis Nav direkayasa dengan teknologi Simultaneous Localisation and Mapping (SLAM). Dilengkapi dengan sistem penglihatan 360 derajat dan lensa hemisfer mata ikan. 

Penyedot debu robotik Dyson dilengkapi bilah sikat yang lebar dan cocok untuk tiga aksi pembersihan, yaitu untuk lantai keras, sikat nilon lembut ‘Fluffy’ untuk menangkap serpihan besar dan filamen serat karbon anti-statis yang menghilangkan debu halus. Serta sikat nilon kaku yang cocok untuk menggali ke dalam karpet. 

Anda juga dapat melihat laporan pembersihan secara mendalam usai tiap aksi pembersihan melalui aplikasi MyDyson. 

“Insinyur Dyson mengambil semua yang kami pelajari dalam mengembangkan mesin penyedot debu, lalu menggabungkannya dengan perangkat lunak cerdas untuk mengembangkan Dyson 360 Vis Nav™ – penyedot debu robotik cerdas yang paling kompeten,” ujar Jake Dyson, Kepala Insinyur Dyson. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER