Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Terapkan Embedded Finance, Tokopedia Dorong Akselerasi Literasi dan Inklusi Keuangan di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia cenderung rendah. Bank Dunia, pada tahun 2021, mengonfirmasi Indonesia memiliki populasi unbanked terbesar keempat di dunia.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,1%, dibandingkan tahun 2019, sebesar 76,19%.

“Untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan tanah air agar makin positif, Tokopedia melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia,” ungkap Senior Vice President Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari, pekan lalu.

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansial–dalam hal ini Tokopedia–tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional. Sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

“Kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin,
perusahaan asuransi serta insurtech,” jelas Vira.

Baca juga: Tokopedia Menghadirkan Fitur Augmented Reality (AR), Masyarakat Bisa Mencoba Makeup Secara Virtual

Tokopedia menghadirkan lebih dari 50 metode pembayaran. Mulai transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, paylater hingga minimarket.

“Tokopedia mencatat pada kuartal I 2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan paylater,” tambah Vira.

Data internal Tokopedia juga menunjukkan, metode pembayaran cashless atau
nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja
sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA.

“Pengguna Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional,” jelas Vira.

Melalui embedded finance, Tokopedia juga menghadirkan produk investasi, yaitu Tokopedia Reksadana dan Tokopedia Emas. Ini una mendorong lebih banyak masyarakat untuk berinvestasi.

Berinvestasi reksadana atau emas lewat Tokopedia juga sangat terjangkau. Bisa membeli reksadana mulai dari Rp 10.000 atau emas mulai dari Rp 5.000. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER