Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Indosat Dukung dan Maksimalkan Potensi Pariwisata Lewat Rangkaian SheHacks 2023 di Labuan Bajo

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indosat Ooredoo Hutchison menghadirkan lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi. Ini sebagai rangkaian SheHacks 2023 yang untuk pertama kali diadakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini dukungan Indosat kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dalam pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK). Langkah ini guna memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia dalam pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Labuan Bajo yang juga menjadi tuan rumah ASEAN Summit pada Mei 2023 lalu.

Selain destinasi prioritas wisata nasional di Labuan Bajo NTT, program CSR Indosat di pilar Pemberdayaan Perempuan ini juga akan dilakukan di Borobudur, Jawa Tengah.

Pada dua destinasi super prioritas tersebut, akan dilaksanakan salah satu program SheHacks bernama SheHacks Innovate. Ini merupakan workshop offline dua hari bersama Kemenparekraf untuk para pelaku pariwisata di sana. Pelatihan wirausaha pemula ini meliputi pemecahan masalah dan pengembangan inovasi yang berfokus pada pelanggan.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan, peluang UMKM Indonesia untuk go digital akan semakin tumbuh dengan proyeksi sekitar 64% hingga tahun 2027. 

Perempuan, yang mayoritas menjadi pengelola UMKM, perlu dibekali dengan keterampilan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kami ingin memfasilitasi mereka dengan pendampingan dan pelatihan, khususnya di Labuan Bajo untuk mengembangkan solusi inovatif dari tantangan yang mereka hadapi di industri pariwisata. Kami ingin terus memberdayakan perempuan Indonesia untuk peran penting mereka dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan juga kemajuan sebuah bangsa,” terang Steve, pekan lalu.

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Berdayakan Ribuan Perempuan Indonesia Lewat SheHacks

Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti mengatakan, pda bidang kewirausahaan, Perempuan memiliki peranan dan potensi yang luar biasa di dalam perekonomian. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia.

Ini menjadi bukti bahwa perempuan di Indonesia khususnya Womenpreneur memiliki peran strategis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Walaupun kondisi saat ini, masih ada pandangan stereotip yang kuat terhadap peran dan kemampuan wanita dalam dunia kerja, khususnya di bidang teknologi.

Melalui program SheHacks 2023, memberikan peluang kepada para wanita untuk mendapatkan pelatihan, jaringan bisnis dan pendampingan, guna mengembangkan segala ide dan inovasi yang dimiliki.

“Kegiatan ini juga mengembangkan komunitas yang tersebar khususnya pada 5 Destinasi Super Pariwisata. Sejalan dengan arahan presiden pada perhelatan ASEAN Summit di Labuan Bajo untuk memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan,” ujar Yuana,

SheHacks Innovate di Labuan Bajo diikuti lebih dari 75 pelaku usaha lokal. Antusiasme yang tinggi terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar melalui website sejumlah lebih dari 9.250 user dengan lebih dari 8.750 pesertanya pada tahap ideation dan 500 di antaranya adalah startup pada tahapan Most Viable Product(MVP).  

Selain SheHacks Innovateterdapat juga dua program lainnya yakni SheHacks Impacts berupa program enam bulan untuk startup yang telah meluncurkan produk mereka dan berada di tahap MVP.

Kemudian program SheHacks Improve yang terdiri dari video pembelajaran untuk startup dalam mempelajari lebih lanjut tentang membangun bisnis, hingga meraih kesempatan terpilih sebagai ide terbaik.

SheHacks 2023 didukung oleh Indosat Digital Ecosystem (IDE), platform Indosat Business yang akan membantu entrepreneur dan pelaku bisnis. IDE by Indosat Business memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia, yang memiliki tiga fitur, IDE Academy, IDE Advisory, dan IDE Marketspace. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER