Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Terra Drone Indonesia Lakukan Inspeksi Kapal Menggunakan Drone

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Terra Drone Indonesia menyelesaikan pekerjaan close-up survey pada tangki-tangki di floating storage and offloading (FSO) untuk salah satu perusahaan migas menggunakan drone di Batam, Kepulaun Riau.

Inspeksi tersebut sebagai bagian dari kegiatan maintenance kapal. Untuk melakukan close-up survey, Terra Drone Indonesia menggunakan teknologi drone Elios 2 dan sensor canggih untuk mendapatkan data yang akurat dan detail terhadap kondisi kapal dan sistemnya.

“Untuk melakukan kegiatan tersebut, Terra Drone Indonesia sudah memiliki Sertifikat Class Remote Inspection Technique (RIT) dari Biro Klasifikasi Indonesia,” terang Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia, belum lama ini.

Baca juga: Terra Drone Akuisisi Foto Udara untuk Bukit Asam

Kapal FSO adalah kapal yang dirancang khusus untuk menyimpan minyak mentah dan mengirimkannya ke kapal pengangkut minyak. Berarti kapal ini dapat bergerak dan diatur posisinya di lepas pantai untuk menerima minyak mentah dari sumur minyak lepas pantai dan menyimpannya di dalam kapal hingga kapal pengangkut datang untuk mengambilnya.

Output close-up survey drone yang dihasilkan yaitu video dengan resolusi 4K. Video tersebut digunakan untuk mengidentifikasi adanya defect pada tangki seperti contohnya korosi, retakan dan kondisi coating. Selain itu, terdapat software yang digunakan untuk melakukan pengukuran dari defect yang ditemukan.

Dalam industri migas, inspeksi rutin merupakan hal yang penting untuk memastikan aset mereka salah satunya kapal FSO, dapat beroperasi dengan aman dan efisien. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER