Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pesawat Boeing AH-64E Apache Terbaru Selesaikan Penerbangan Perdana

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Versi terbaru AH-64E Apache berhasil terbang dengan serangkaian peningkatan kemampuan seiring upaya Boeing terus memodernisasi platform ini. Pesawat Apache model E terkini, dikenal dengan Versi 6.5 atau V6.5, adalah konfigurasi mendatang dari helikopter serang paling utama di dunia.

“Peningkatan ini akan membawa Apache model E ke tahap selanjutnya dalam hal kemampuan, yang akan menjamin Apache untuk terus mendominasi medan tempur di masa depan,” kata Christina Upah, Wakil Presiden Program Helikopter Serang dan Senior Eksekutif di fasilitas Boeing di Mesa, pekan lalu.

V6.5, yang didanai melalui kontrak dengan Departemen Pertahanan AS pada
Desember 2021, mencakup kemampuan meningkatkan pemutakhiran perangkat lunak dan meningkatkan antarmuka pilot. Beberapa peningkatan tersebut termasuk

– Rute yang dioptimalkan dan perencanaan serangan.
– Peningkatan pada fitur-fitur sistem komunikasi Link 16.
– Integrasi Antarmuka Sistem Terbuka (Open Systems Interface/OSI), persiapan
untuk Pendekatan Sistem Terbuka Modular (Modular Open Systems Approach/MOSA) untuk mencapai interoperabilitas maksimum, integrasi yang
lebih cepat, dan membangun kemahiran.

Baca juga: Boeing dan PTDI Menandatangani Perjanjian Memperkuat Kemampuan Pertahanan dan Dirgantara Indonesia 

“Kami sangat bersemangat dengan pengembangan yang sedang dilakukan pada
perangkat lunak V6.5 karena hal itu membuka jalan menuju modernisasi Apache,” kata Kol. John (Jay) Maher, Manajer Proyek Apache Angkatan Darat AS.

V6.5 menyelaraskan seluruh armada model E dengan perangkat lunak yang sama,
mempersingkat pelatihan dan perawatan, sekaligus menyediakan jalur bagi keseimbangan sensor/kemampuan, serta memungkinkan Angkatan Darat untuk
menanggapi perintah dan menangani teknologi penting. Memastikan adanya relevansi dengan masa depan merupakan prioritas utama.

Sebagai penambahan pada V6.5, perusahaan bekerja sama dengan Angkatan Darat
AS untuk mengintegrasikan mesin turbin yang sudah ditingkatkan (Improved Turbine Engine/ITE). Mesin tersebut, yakni General Electric Aerospace T901, akan menawarkan peningkatan dalam hal jangkauan, ketersediaan daya, durasi terbang dan efisiensi bahan bakar, juga peningkatan upaya pemeliharaan seperti kesehatan dan pengawasan atas pemakaian, perawatan, dan umur mesin. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER