Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Hibank Jakarta Marathon, 10.000 Pelari Siap Berlaga

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Hibank Jakarta Marathon powered by Le Minerale (Jakarta Marathon 2023) yang diselenggarakan oleh Kelompok Lari Anak Bangsa (KLAB) sebagai penyelenggara baru, siap digelar pada Ahad, 22 Oktober 2023.

Hampir 10.000 pelari dari seluruh pelosok Indonesia, yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km), 10 km, dan 5 km hingga Maratoonz (100, 200 dan 400 meter untuk anak-anak) dapat mengambil
race pack mereka di Gelora Bung Karno, Plaza Timur.

Sesi pengambilan race pack tersebut dimeriahkan dengan Race Expo yang berlangsung pada 19-22 Oktober 2023, 10:00 – 20:00 WIB. Bazaar makanan dan perlengkapan olahraga, musik dan pertunjukan atraktif, aktivitas olahraga serta acara-acara seru dari sponsor dan mitra yang berlangsung selama Race Expo menarik minat total hampir 50.000 pelari, keluarga mereka maupun masyarakat umum.

Donny Tjahyadikarta, Race Director Jakarta Marathon 2023 mengatakan, banyak cara bagi masyarakat umum menjadi bagian dari kemeriahan Jakarta Marathon 2023.

“Mari kita turun ke jalan bersama-sama di sepanjang rute lomba untuk memberi semangat kepada para pelari. Banyak pelari yang hampir menyerah namun kemudian bertahan hingga garis akhir setelah mendengar sorakan penonton yang
memberi semangat kepada mereka. Jadi peran penonton ini juga cukup besar memotivasi pelari,” terang Donny, Kamis (19/10).

Donny menambahkan bahwa kesiapan penyelenggaraan sudah 95%. Hanya tinggal instalasi logistik dan penempatan fasilitas-fasilitas sepanjang rute lomba yang baru dapat dilakukan 24 jam sebelum lomba dimulai.

Baca juga: Siap-Siap Maybank Marathon 2023 Segera Digelar di Bali

Dari aspek peningkatan standarisasi lomba, penyelenggara menyediakan jersey lari HOKA, paketlomba (race pack) yang lebih berkualitas, sistem antrean yang lebih nyaman dan teratur serta penyediaan fasilitas-fasilitas untuk pelari di lokasi, seperti lampu, petunjuk jalan yang jelas, penempatan water station yang strategis dan lain sebagainya.

Memastikan setidaknya rute lomba bebas kendaraan bermotor selama paling tidak 4,5 jam, rambu-rambu yang jelas dan marshal yang cakap, semua menjadi bagian integral dari Jakarta Marathon 2023. Keselamatan pelari menjadi prioritas utama, dengan mengadakan pelatihan medis, edukasi kesehatan, asuransi bagi semua
pelari, petugas kesehatan berlisensi di sepanjang rute, peralatan medis berstandar internasional termasuk alat Automated External Defibrillator (AED).

Sementara itu, komitmen terhadap lingkungan tercermin dengan mencanangkan Jakarta Marathon 2023 sebagai acara lari jarak jauh tahunan carbon-neutral pertama di Indonesia. Dari penggunaan kendaraan listrik Electrum, pengelolaan
sampah berkelanjutan oleh Ecofren, hingga jejak karbon dari setiap pelari dan operasional penyelenggaraan akan dihitung dan di-offset oleh Fairatmos.

Menyikapi dan antisipasi perkiraan para pengamat cuaca yang menyatakan bahwa puncak kemarau terik di Indonesia diprediksi mencapai puncak pada Oktober 2023 sehingga menyebabkan suhu panas ekstrem, penyelenggara sudah sejak awal mengantisipasi hal tersebut.

Andi Kurniawan, Medical Director, Jakarta Marathon 2023 mengatakan, ketika
penyelenggara menetapkan cut-off-time (COT) untuk masing-masing kategori, sebenarnya salah satu pertimbangan menetapkan pembatasan waktu bertujuan agar tidak ada lagi peserta yang mengalami heat stroke karena berlari terlalu lama, apalagi ketika cuaca panas.

Heat stroke adalah istilah ketika seorang individu terkena paparan suhu panas di luar batas yang bisa ditoleransi oleh tubuhnya. Dari awal panitia juga memperhatikan bagaimana menjaga hidrasi pelari selama lomba dengan mengatur jarak water station secara strategis.

“Termasuk juga fasilitas penanganan dampak cuaca panas (hot environment risk protection), termasuk spons, water sprinkler dan lain sebagainya. Kami harapkan juga kerja sama dari seluruh pelari agar memastikan tingkat kebugaran masing-
masing agar menyelesaikan lomba dengan batas waktu lomba,” terang Andi. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER