Minggu, 25 Februari 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Prediksi Lonjakan Trafik Broadband Natal dan Tahun Baru Mencapai 13%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Telkomsel menghadirkan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan. Yakni melalui kesiapan infrastruktur jaringan broadband terdepan dan terluas, ketersediaan produk dan layanan digital bernilai tambah.

Selama perayaan Natal dam Tahun Baru 2023/2024, Telkomsel memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik broadband hingga sebesar 13% dibandingkan hari biasa. Atau 10,8% dibandingkan dengan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Lonjakan trafik tersebut diperkirakan pada puncaknya akan mencapai 55,2 petabyte. Didorong oleh peningkatan akses media sosial sebanyak 15,6%, video streaming sebanyak 9,7%, layanan komunikasi sebanyak 31,9%, online gaming sebanyak 20,6%, hingga e-commerce sebanyak 19,1%.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Nataru, Ini Langkah Kominfo dan Operator Seluler

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, Telkomsel berkomitmen hadir bersiaga mendampingi para pelanggan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. “Kami terus berupaya menghubungkan setiap sudut negeri, menghadirkan terobosan di selebrasi Natal dan Tahun Baru kali ini,” terang Nugroho, Rabu (6/12).

Selama periode Natal dan Tah ini, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di 427 lokasi khusus. Terdiri dari 27 area residensial, 48 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, stasiun), 321 area spesial (mal, alun-alun, pusat keramaian), 29 area di rute mudik (jalur mudik, rest area, SPBU), dan 2 gereja/rumah ibadah.

Optimalisasi tersebut di antaranya peningkatan kapasitas 21 unit BTS 4G/LTE, penambahan 53 unit BTS 4G/LTE baru, dan penambahan 55 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Sehingga menggenapi lebih 233.000 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jangkauan hingga 97% wilayah populasi.

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas GGSN (Gateway GPRS Support Node) hingga 13,21 Tbps dan kapasitas IX (Internet Experience) hingga 11,08 Tbps. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER