Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dorong Pertumbuhan Berkelanjutan, Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan Pupuk Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri terus berkomitmen mendorong pertumbuhan bisnis berkelanjutan untuk mendukung transisi menuju Indonesia Net Zero Emission (NZE) 2060. Salah satunya melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk menjajaki kerjasama dalam penyusunan ESG Framework dan pembiayaan berbasis sustainability linked loan.

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menjelaskan, langkah kolaborasi ini turut menjadi bagian strategi implementasi prinsip environmental, social dan governance (ESG) perseroan.

Dengan mengintegrasikan sustainable financing ke penyaluran kredit, Mandiri berharap dapat semakin memperluas dampak positif bagi jutaan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Bank Mandiri dan Bank DBS Indonesia Kucurkan Kredit US$ 33 Juta ke PT TBS Energi Utama

“Baik itu untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pertanian, energi terbarukan, transportasi, dan kegiatan berwawasan lingkungan lain,” terang Darmawan, pekan lalu.

Bank bersandi bursa BMRI ini pun telah melakukan berbagai inisiatif terkait pembiayaan keuangan keberlanjutan. Seperti pembiayaan untuk energi baru terbarukan (EBT) dan transportasi ramah lingkungan, obligasi berkelanjutan, dan produk-produk ritel berkelanjutan.

Bank Mandiri juga meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sektor-sektor berkelanjutan, seperti minyak kelapa sawit, Energi Baru Terbarukan (EBT), dan konstruksi.
 
Darmawan menilai kolaborasi ini adalah langkah awal untuk bekerja sama dengan PT Pupuk Indonesia dalam menerapkan ESG dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional sekaligus menjadi wujud sinergi BUMN. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER