Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perluas Pembiayaan Digital, Amartha Gandeng Mastercard Center for Inclusive Growth dan Accion

BACA JUGA




FinTechneia.com | Amartha berkolaborasi dengan organisasi nirlaba global Accion dan Mastercard Center for Inclusive Growth, badan amal dari Mastercard, untuk meningkatkan pembiayaan digital bagi para pelaku usaha mikro.

Kerja sama ini akan memperkuat kanal digital Amartha, mengembangkan inovasi produk baru, dan meningkatkan customer scoring platform untuk menjangkau usaha mikro yang belum terlayani, terutama yang dijalankan perempuan..

Amartha telah menyediakan lebih dari Rp 15,5 triliun rkepada lebih dari 2 juta perempuan pengusaha mikro di 72.000 desa sejak tahun 2010. Amartha bertujuan untuk memperluas layanan keuangan yang bertanggung jawab kepada jutaan orang lainnya dalam tiga tahun ke depan.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha menjelaskan, Amartha, Accion dan Mastercard Center for Inclusive Growth memiliki tujuan bersama, yaitu mengurangi ketidakmerataan akses terhadap layanan keuangan.

“Kami akan menggunakan teknologi untuk menggerakkan ekonomi di tingkat akar rumput di Indonesia. Juga memperluas manfaat layanan keuangan digital lebih dari sekadar pembiayaan, membuat perbedaan besar di tingkat lokal,” terang Andi, Rabu (17/1).

Kemitraan ini menandai langkah selanjutnya dalam kolaborasi berkelanjutan Mastercard Center for Inclusive Growth dengan Accion. Mereka membantu 12,8 juta orang secara global, termasuk hampir enam juta UKM, telah mendapatkan manfaat dari layanan keuangan digital antara tahun 2019 dan 2022.

Ke depan, kedua organisasi ini bertujuan untuk membantu lima juta UKM lainn termasuk setidaknya satu juta UKM yang dimiliki perempuan, untuk aktif menggunakan layanan keuangan digital dan meningkatkan keuangan mereka. Layanan yang disediakan dalam kemitraan ini diharapkan dapat mencapai total 10,5 juta orang dalam empat tahun ke depan.

Program multi-tahun ini merupakan bagian dari komitmen global Mastercard untuk menghubungkan satu miliar individu dan 50 juta bisnis ke ekonomi digital pada tahun 2025. Di Indonesia, Mastercard Center for Inclusive Growth telah memberdayakan lebih dari satu juta individu dan UKM dengan literasi digital dan keuangan dalam lima tahun terakhir.

Subhashini Chandran, Vice President, Social Impact, Asia Pasific, Mastercard Center for Inclusive Growth, mengatakan, sejak berdiri pada tahun 2014, Mastercard Center for Inclusive Growth telah memanfaatkan kompetensi Mastercard untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil dan berkelanjutan serta inklusi keuangan di seluruh dunia.

“Kolaborasi ini memperkuat komitmen Mastercard untuk menggerakkan ekonomi digital yang bermanfaat untuk setiap individu di Indonesia,” kata Subashini. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER