Selasa, 30 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jangan Kalap dengan Saldo Rekening Melejit, Ini Jurus Mengelola dan Mengendalikan Gaji, THR dan Bonus yang Datang Bersamaan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ada yang berbeda dengan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Sebagian masyarakat yang bekerja berkesempatan mendapat gaji bulan Maret bersamaan momentum pemberian bonus kinerja akhir tahun lalu yang dibayarkan di bulan Maret dan juga tunjangan hari raya (THR) yang dibayarkan pada akhir Maret ini.

Kondisi ini berpotensi bisa membuat kita terlena melihat saldo rekening meningkat secara signifikan. Di sisi lain, dengan banyaknya rencana dan kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri juga berpotensi meningkatkan pengeluaran. Jika tanpa kalkulasi dan skala prioritas tepat, bisa menyebabkan terkurasnya pendapatan tady
dalam sekejap.

Head of Investment Communication and Fund Development Allianz Life Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengingatkan, dengan pengaturan cashflow sesuai keadaan, berkah yang kita dapatkan di masa Ramadan ini menjadi waktu kita untuk secara bijaksana memanfaatkan pendapatan kita sebaik-baiknya.

“Agar dapat memenuhi kebutuhan yang penting dan juga memastikan kesiapan kita ketika risiko hidup muncul seketika,” imbuhnya, Selasa (26/3).

Meta membeberkan beberapa tips jitu untuk memastikan pengelolaan gaji, bonus dan THR tetap terkendali melalui beberapa tips jitu pengelolaan bonus dan THR
di bawah ini.

Baca juga: Menyulap Sisa THR dan Angpao Lebaran Jadi Aset Masa Depan

  1. Buat anggaran untuk gaji, THR dan bonus
    Tentukan berapa persen alokasi kebutuhan Ramadan seperti zakat, investasi, tabungan, bukber, bagi-bagi THR, dan lain-lain.
    Penyusunan anggaran yang matang dapat menghindari kita atas pengeluaran yang tak perlu dan memastikan THR serta bonus dimanfaatkan dengan maksimal
  2. Prioritaskan pembayaran utang
    Pada dasarnya, maksimal utang adalah 30% dari total aset. Membayar utang bukan hanya akan mengurangi beban finansial, juga membantu meningkatkan skor kredit. Langkah ini sangat krusial mengurangi beban dan mencapai kebebasan finansial.
  3. Sisihkan untuk dana darurat
    Situasi tak terduga seperti musibah jatuh sakit, kemalangan, atau risiko lainnya yang mungkin muncul tiba-tiba. Jika dana darurat belum mencukupi (idealnya setara dengan 3-6 bulan pengeluaran rutin), gunakan sebagian THR dan
    bonus untuk mulai membangun atau menambah.
  4. Alokasikan untuk investasi
    Investasi menjadi cara cerdas dalam memutar keuangan dan memastikan uang bekerja. Investaso itu seperti saham, reksadana, emas, atau bentuk investasi lain yang sesuai profil risiko. Dengan berinvestasi, berarti memulai langkah awal dalam membangun kekayaan jangka panjang.
  5. Nikmati dengan Bijak
    Pastikan tambahan pendapatan dinikmati dengan bijak dan juga memanfaatkan momentum ini untuk bersedekah. Boleh juga mempertimbangkan jumlah belanja untuk kebutuhan non-esensial.

    Dengan melakukan perencanaan dan pengelolaan THR serta bonus secara bijaksana dan disiplin, masa Ramadan ini dapat dinikmati lebih maksimal. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER