Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

WIR Group Mencatatkan Saham di Bursa Efek Indonesia, Meraup Rp 431,9 Miliar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT WIR ASIA Tbk atau WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). dengan kode saham WIRG. Melalui penawaran saham perdana atau initial public offerin, (IPO), WIR Group melepas 2,33 miliar saham baru.

Jumlah itu setara 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Serta 233,7 juta saham tambahan karena terjadi kelebihan pemesanan pada penjatahan terpusat.

Harga saham perdana ditetapkan Rp 168 per saham. Sehingga total dana yang diperoleh mencapai Rp 431,9 miliar. 

Tingginya minat terhadap saham perdana WIR Group yang tercermin dari banyaknya pemesanan yang diterima menunjukkan kepercayaan pasar terhadap fundamental dan prospek perusahaan.

“Sebagai perusahaan teknologi, kami akan melanjutkan kepercayaan tersebut dengan terus mengembangkan inovasi guna memberikan solusi teknologi bagi beragam sektor. Agar dapat menghadapi tantangan di era digital tanpa batas ini,” kata Michel Budi Wirjatmo, Direktur Utama PT WIR ASIA Tbk, Senin (4/4).

Seluruh dana dari IPO dan hasil pelaksanaan waran untuk belanja modal, modal kerja, serta pengembangan usaha n dan/atau perusahaan anak. Khususnya dalam mengembangkan teknologi berbasis  augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan artificial intelligence (AI).

WIR juga mengadakan program alokasi saham pegawai atau employee stock allocation sebanyak 1,02% dari saham yang ditawarkan dalam penawaran umum. Atau sebanyak 23.771.900 saham.

Baca juga: Perluas Kolaborasi, WIR Group Kembangkan Metaverse Indonesia

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan 771,23 juta Waran Seri I yang diberikan secara cuma-cuma. Ini sebagai insentif bagi para pemegang saham baru.

Setiap pemegang 10 saham baru berhak memperoleh 3 Waran Seri I. Setiap 1 Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru yang dikeluarkan dalam portepel.

Secara rinci, sekitar 80,59% dana dari IPO akan digunakan perusahaan anak. Yaitu PT ARE Teknologi Kreasi (ATK), PT Tiga Akar Mimpi (TAM), dan PT Vatar Media Raya (VMR), untuk belanja modal dan modal kerja.

Sekitar 7,4% untuk belanja modal. Kemudian, sekitar 6,72% untuk modal kerja. Dan sisanya untuk pengembangan usaha dan/atau ekspansi melalui kemitraan strategis dengan Perseroan dan/atau perusahaan anak.

Sementara dana yang diperoleh dari hasil pelaksanaan Waran Seri I sekitar 88,88% akan diberikan kepada perusahaan anak, yaitu VMR. Digunakan untuk belanja modal dan modal kerja. Lalu, sisanya akan digunakan oleh Perseroan untuk belanja modal dan modal kerja.

PT Ciptadana Sekuritas Asia merupakan penjamin pelaksana emisi efek dalam penawaran umum ini. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER