Fintechnesia.com- Tingginya minat masyarakat yang bepergian ke luar negeri di tahun 2019 tampaknya masih akan terus menjadi tren di tahun 2020. Berbagai tren liburan seperti solo travel, backpacker, staycation hingga mencari spot instagramable menjadi acuan kaum milenial hingga mereka yang sudah berkeluarga pada tahun lalu.

JavaMifi, penyedia rental wifi terbesar di Indonesia memberikan prediksi destinasi wisata di dunia yang akan menjadi pilihan populer wisatawan Indonesia sepanjang tahun ini. Founder JavaMifi Andintya Maris mengatakan, bagi pihaknya penting mengetahui negara apa saja yang akan menduduki destinasi populer bagi para pelanggan. “Agar JavaMifi dapat lebih baik menyiapkan segala infrastruktur pendukung di tahun ini, untuk itu kami mempelajari tren data sepanjang tahun 2019 serta melihat berbagai riset untuk mengetahui tujuan terbaru favorit wisatawan Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/1).

Data JavaMifi di tahun 2019  menunjukkan, negara maupun wilayah yang menduduki ranking teratas sebagai tujuan wisata traveler Indonesia adalah Jepang, Eropa (gabungan berbagai negara), Singapura, Korea dan Malaysia. “Tahun ini kami memprediksi Jepang akan terus menjadi negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia dengan berbagai pesona budaya, kemudahan akses serta jarak yang terhitung tidak terlalu jauh”, ungkap Arindro Nugroho, General Manager JavaMifi

Menurut Arindro, Korea Selatan masih akan berada setidaknya di Top 5 destinasi wisata selama demam K-pop bertahan. Negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand kami prediksi juga masih menjadi tujuan favorit untuk weekend getaway maupun liburan berdurasi singkat yang didorong banyaknya tanggal merah jatuh di hari Kamis-Jumat tahun ini.

JavaMifi juga memperkirakan, Eropa masih menjadi impian banyak traveler dan tetap menjadi destinasi wisatat favorit. Meskipun diprediksi terjadi pergeseran, dominasi Eropa Barat mulai disaingi negara-negara Skandinavia ditambah Rusia yang menawarkan keindahan alam serta pesona aurora yang penuh magis.

JavaMifi mengakhiri prediksi ini dengan melihat Selandia Baru ebagai salah satu negara yang akan meraih popularitas tinggi pada tahun 2020. Selain gencarnya promosi pariwisata Pemerintah Selandia Baru, negara ini dianggap sangat cocok untuk melakukan perjalanan dengan campervan bahkan membolehkan para turis yang berkunjung untuk berkemah sepuasnya, yang lebih dikenal dengan freedom camping. Lalu banyaknya wilayah hutan yang nyaman dan aman serta dikelilingi danau luas yang indah menjadi faktor pendukung kuat wisatawan Indonesia untuk habiskan masa liburan mereka di Selandia Baru.

Internet akan menjadi bagian paling penting untuk menemani perjalanan. “Travel modem wifi menjadi pilihan bijak untuk terus memastikan kita tersambung dengan internet agar Google Maps maupun GPS tak putus. Internet unlimited dan kerjasama dengan provider lokal di masing-masing negara, membuat JavaMifi menjadi teman terbaik ketika menyusuri pegunungan yang dalam di Selandia Baru hingga menjelajah desa-desa terpencil dengan pemandangan eksotik di Skandinavia.” ungkap Arindro.

Dengan menetapkan target pertumbuhan hingga 2 juta pengguna, JavaMifi terus konsisten melebarkan sayap baik untuk pasar inbound maupun outbound. Pada 9 Januari 2020 lalu JavaMifi meresmikan dua lokasi booth terbaru di Bandara Internasional Juanda Surabaya, tepatnya di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda dan di Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 lantai 1 (arrival area) dimana dengan dibukanya dua lokasi baru ini akan semakin memudahkan para traveler dan melengkapi keberadaan booth di Terminal 3 Soekarno Hatta (departure area) yang sebelumnya sudah berdiri. (sry)