Singapore Airlines Mendapatkan Sertifikasi IATA CEIVE Fresh dan Meluncurkan THRUFRESH

19

FinTechnesia.com | Singapore Airlines (SIA) menjadi maskapai penerbangan pertamaAsia Tenggara yang menerima sertfikasi global International Air Transport Association (IATA). Sertifikasi ini untuk penanganan produk yang mudah rusak melalui hubnya di Singapura.

Pusat keunggulan validator independen dalam sertifikasi Perishable Logistic  (CEIV Fresh) berdasarkan peraturan kargo Perishable IATA. Menggabungkan peraturan dan masukan operasional dari pemerintah dan pakar industri. Artinya, SIA memenuhi standar tertinggi industri terkait keamanan pangan dan pencegahan limbah makanan di sepanjang rantai pasok.

Hal ini dicapai melalui manajemen risiko dan kualitas. Lalu staf terlatih untuk  penanganan dan pergerakan barang yang mudah rusak, kolaborasi aktif dan komunikasi yang transparan dengan pemangku kepentingan dan mitra rantai pasok. Berbagai elemen ini memastikan bahwa produk segar menjangkau pelanggan dalam kondisi prima.

Nick Careen, Senior Vice President for Airport, Passenger, Cargo and Security, IATA mengatakan, bahan yang rapuh, mudah rusak perlu standar tertinggi memastikan integritas produk dipertahankan.  Dengan kapasitas kargo udara terbatas akibat krisis Covid-19, lebih penting lagi memastikan bahwa barang yang rapuh dan berjangka waktu pendek ini menjangkau pelanggan  tanpa rintangan dengan resiko dan kerugian minimal.

“Sertifikasi CEIV Fresh memberikan kepercayaan dan jaminan kepada pengirim barang yang mudah rusak. Yakni persayaratan logistik rantai dingin mereka terpenuhi,” terang Careen, Jumat (19/2).

Sejalan sertifikasi itu, Singapore Airlines meluncurkan THRUFRESH. Ini adalah layanan baru mengangkut kargo  sensitif terhadap waktu dan suhu dengan kecepatan dan keandalan. 

THRUFRESH menawarkan pengiriman cepat dan berkualitas yang memenuhi tuntutan ketat pengangkutan produk dan berjangka waktu pendek, seperti seafood hidup, daging beku, buah-buahan dan sayuran melalui udara. Fitur-fiturnya termasuk layanan rantai dinging khusus. Seperti pengangkutan dan penanganan prioritas, transfer ramp cepat, dan fasilitas ruang dingin untuk menjaga integritas barang yang mudah rusak.

Chin Yau Seng,  Senior Vice President Cargo SIA mengatakan THRUFRESH  akan memberian kepastian kepada pelanggan persediaan makanan penting dan produk mudah rusak dikirimkan dengan andal ke tujuan mereka. “Dan ditangani dengan sangat hati-hati selama perjalanan,” ujar Chin. (hlm)