Tingkatkan Keamanan, Gojek Perkenalkan Fitur Verifikasi Muka Driver

18

FinTechnesia.com | Gojek meningkatkan keamanan pelanggan dan mitra melalui inovasi baru Verifikasi Muka mitra driver. Fitur ini berfungsi melakukan verifikasi identitas mitra sebelum menerima pesanan pelanggan.

Fitur Verifikasi Muka atau facial recognition ini adalah teknologi pengenalan wajah lewat ‘selfie. Baik saat pertama kali login di aplikasi atau secara acak saat mitra driver sedang mengaktifkan aplikasi.

Fitur ini bagian komitmen Gojek menjaga keamanan seluruh ekosistemnya melalui berbagai inovasi. Serta menjawab kebutuhan mitra dan pelanggan akan layanan yang semakin aman dan nyaman.

Chief of Operations Officer Gojek, Hans Patuwo mengatakan, keberadaan teknologi Verifikasi Muka pada aplikasi driver, sangat krusial bagi keamanan ekosistem Gojek. Mitra driver salah satu pihak yang memiliki peranan penting dalam seluruh aktivitas maupun transaksi dalam ekosistem Gojek.

“Bagi pelanggan, penerapan fitur ini di aplikasi driver memastikan pengalaman yang aman dan nyaman saat menggunakan layanan Gojek,” kata Hans. Jumat (24/7).

Dalam menghadirkan fitur Verifikasi Muka, Gojek mempertimbangkan kemudahan serta kenyamanan mitranya. Untuk itu, Gojek menerapkan verifikasi muka, teknologi canggih dengan tingkat akurasi tertinggi.

Maka, proses verifikasi berlangsung dalam waktu yang singkat. Sehingga tidak mengganggu mitra driver saat harus melakukan verifikasi sebelum maupun setelah menjalankan transaksi.

Fitur Verifikasi Muka merupakan bagian dari Gojek SHIELD. Yaitu rangkaian teknologi keamanandan komprehensif dalam aplikasi Gojek untuk melindungi pelanggan dan mitra.

Sebelumnya, Gojek SHIELD meluncurkan berbagai inovasi keamanan. Di antaranya penyamaran nomor telepon untuk melindungi data pribadi pelanggan dan mitra.

Lalu intervensi chat yang memberi peringatan kepada pelanggan jika ada aktivitas yang terdeteksi mencurigakan. Serta teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mampu mengidentifikasi berbagai jenis penggunaan aplikasi secara ilegal.

Inovasi Verifikasi Muka juga merupakan kelanjutan dari perangkat keamanan lainnya yang sudah tersedia di aplikasi Gojek. Seperti Tombol Darurat, dan fitur Bagikan Perjalanan. (eko)