Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata dan KKP Sosialisasikan Aplikasi Laut Nusantara di Subang

BACA JUGA




Kepala Peneliti Balai Riset dan Observasi Laut KKP Indonesia, Eko Susilo mengatakan, ada lebih dari 1.100 nelayan di Subang. Melalui program ini, KKP berharap bisa membantu masyarakat nelayan Subang untuk bisa mengembangkan usaha-usaha ekonomi mereka.

Dengan demikian, mereka akan bisa memiliki sumber pendapatan ekonomi selain dari menangkap ikan di laut. “Di sisi lain, kami juga mendorong para nelayan untuk bisa menerapkan teknologi digital yaitu Aplikasi Laut Nusantara agar kemampuan tangkap ikannya bisa meningkat,” ujarnya.

XL Axiata dan BROL telah melaksanakan sosialisasi penerapan aplikasi Laut Nusantara sejak 2018 lalu, dan total telah menjangkau tidak kurang dari 27.000 nelayan di 23 kota/Kabupaten.Ā Aplikasi Laut Nusantara kini pada tahap pengembangan Fase 3m ini aplikasi digital yang ditujukan bagi kalangan nelayanan tradisional yang biasa menggunakan peralatan tradisional dan beroperasi tidak lebih dari 20 mil dari garis pantai.

Aplikasi Laut Nusantara memberikan data-data yang akurat mengenai berbagai kebutuhan nelayan selama melaut. Termasuk lokasi keberadaan ikan, data cuaca terkait kecepatan angin dan kondisi gelombang, perhitungan BBM, hingga fitur panggilan darurat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur perbincangan yang bisa nelayan manfaatkan mendapatkan informasi mengenai harga ikan tangkapan di pasar. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER