Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Startup Motor Listrik, Dat Bike, Raup Pendanaan Pra-Seri A Rp 37 Miliar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dat Bike, startup teknologi sepeda motor listrik berbasis di Vietnam meraup pendanaan pra seri A sebesar US$ 2,6 Juta (sekitar Rp 37 miliar). Pendanaan dipimpin Jungle Ventures.

Wavemaker Partners, Hustle Fund, dan iSeed Ventures juga berpartisipasi dalam pendanaan. Dat Bike akan mendorong adopsi massal transportasi yang ramah lingkungan tersebut. 

Sepeda motor listrik dianggap inferior dibanding sepeda motor bensin. Mengingat kecepatan dan daya jelajah yang kalah dari sepeda motor biasa. Namun Dat Bike mendobrak stigma tersebut. Yakni memasarkan Dat Bike Weaver. Sepeda motor listrik ini dapat menyaingi sepeda motor bensin dari segi kecepatan dan daya jelajah.

Perusahaan tersebut menawarkan salah satu sepeda motor listrik terkuat di Vietnam dengan motor 5.000W. Dapat berakselerasi dari 0 hingga 50 km per jam dalam 3 detik. Tidak hanya tiga kali lebih kuat daripada sepeda motor elektrik lain, juga melampaui performa kebanyakan sepeda motor tradisional.

Qaktu pengisian baterai motor tersebut juga adalah yang tercepat di industri, hanya kurang dari 3 jam. Mekanisme pengereman disesuaikan dengan situasi lalu lintas di negara berkembang Asia Tenggara seperti Vietnam

CEO dan Founder Dat Bike, Son Nguyen mengatakan, visi perusahaannya adalah untuk mengkonversi 250 juta sepeda motor bensin di Asia Tenggara menjadi kendaraan listrik. “Kami percaya bahwa jika diberi pilihan, konsumen akan memilih kendaraan listrik daripada bensin. Pendanaan yang baru kami terima akan memungkinkan kami terus berinovasi dan menciptakan sepeda motor elektrik yang paling menarik untuk Asia Tenggara dan seluruh dunia,” katanya, Kamis (15/4)

Dat Bike membuka toko pertama di kota Ho Chi Minh Desember lalu. Dan tumbuh 35% setiap bulan.

Founding Partner Jungle Ventures, Amit Anand mengatakan, investasi pada Dat Bike kali ini menandai investasi pertama Jungle Ventures di sektor mobilitas yang sedang bertransformasi dengan pesat oleh teknologi. Industri kendaraan roda dua senilai US$ 25 miliar (Rp360 miliar) khususnya di Asia Tenggara siap untuk menerima manfaat perkembangan baru dalam bidang kendaraan elektrik dan otomasi.

“Kami yakin Dat Bike akan memimpin proses perubahan tersebut dan menetapkan standar baru. Tidak hanya di kawasan tersebut, tapi kemungkinan juga secara global, dalam segi tampilan dan performa kendaraan listrik roda dua generasi berikutnya,” kata Amit. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER