Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Memutus Generasi Sandwich, Begini Caranya

BACA JUGA




“Anda juga harus memikirkan kapan Anda akan pensiun, berapa pengeluaran bulanan saat pensiun serta berapa perkiraan hasil keuntungan di saat Anda pensiun,” tambah Melvin Mumpuni. 

Dengan perencanaan finansial yang matang akan membawa kita kepada kebebasan finansial. Dosen dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Budi Frensidy mengatakan, ada hal yang perlu dipikirkan dan dibedakan seiring kebebasan finansial, yakni istilah kaya dan makmur. 

Orang kaya belum tentu makmur kalau hidupnya besar pasak daripada tiang. Mencapai kebebasan finansial itulah kemakmuran. “Di sinilah pentingnya orang memiliki financial literacy atau melek finansial,” kata Budi.

Tidak dapat dipungkiri kecerdasan finansial menjadi langkah utama untuk memutus rantai generasi sandwich. Dana pensiun dapat menjadi salah satu opsi terbaik agar tidak lagi bergantung kepada generasi berikutnya. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan setidaknya terdapat tiga manfaat dana pensiun. Pertama, menghindari jebakan generasi sandwich. Dengan mempersiapkan dana kebutuhan sejak dini, di masa tua tidak akan merepotkan anak maupun anggota keluarga lain.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER