Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

GoTo, Kadin dan Samator Group Dirikan Rumah Oksigen Gotong Royong

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Grup GoTo, grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) beserta PT Aneka Gas Industri Tbk. (Samator Group) menginisiasikan fasilitas kesehatan Rumah Oksigen Gotong Royong. Ini bagian upaya bersama mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia.

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia. Dilengkapi peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang (kategori 2).

Sebagai proyek pertama, Rumah Oksigen Gotong Royong dibangun di Pulogadung Jakarta. Tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group. Ini di atas lahan yang disediakan PT Master Steel dan didukung PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan
mengatakan, Rumah Oksigen Gotong Royong”. Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta membantu penanganan COVID-19 demi rakyat. “Kita perlu bersama-sama dalam menghadapi COVID-19, ini tantangan kita bersama,” kata Luhut, Ahad (18/7).

“Rumah Oksigen Gotong Royong didirikan untuk memberikan suatu solusi dari permasalahan krisis oksigen yang kita alami saat ini,” timpal Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasyid

Rachmat Harsono, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk mengatakan, setiap harinya akan disalurkan oksigen secara pipa non-stop untuk memenuhi kebutuhan Rumah Oksigen Gotong Royong. “Kami akan siap melakukan hal yang sama di beberapa lokasi pabrik kami yang tersebar di nusantara. Yang memungkinkan melakukan pipanisasi secara langsung,” kata Rachmat.

Andre Soelistyo, CEO GoTo mengatakan, krisis oksigen antara lain disebabkan distribusi yang terkendala jarak dan waktu. Serta keterbatasan sarana dan prasarana. “Rumah Oksigen Gotong Royong meminimalisir hambatan tersebut dengan menghadirkan fasilitas semi-permanen yang memungkinkan penderita COVID-19 kategori 2 mendapatkan akses suplai oksigen, tempat tidur perawatan sekaligus kepada fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat,” terang Andre.

Rumah Oksigen Gotong Royong akan dapat diakses masyarakat melalui aplikasi Halodoc. GoTo dan KADIN Indonesia sedang dalam tahap finalisasi untuk kemitraan operasional Rumah Oksigen Gotong Royong.


Lima solusi dan efektivitas Rumah Oksigen Gotong Royong.

  1. Lokasi di jantung suplai oksigen pabrik Samator Group. Memastikan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para penderita COVID-19 gejala sedang.
  2. Kecepatan dan kedekatan aksesi akan mengeliminasi tantangan logistik. Seringkali pasien harus mencari dan membawa oksigen dari tempat yang jauh.
  3. Kemudahan sistem registrasi/pemesanan tempat di “Rumah Oksigen Gotong
    Royong” melalui aplikasi Halodoc.
  4. Operasional yang dikelola oleh pihak yang berpengalaman di pengelolaan
    fasilitas kesehatan.
  5. Kemudahan akses ke berbagai rumah sakit di sekitarl okasi. Baik rumah sakit rujukan COVID-19, maupun rumah sakit swasta, untuk penderita yang mengalami eskalasi kasus. (eko)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER