Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tanda Tangan Elektronik Makin Populer, Ini Lima Hal yang Harus Diperhatikan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejak pandemi, tanda tangan elektronik (TTE) kian menjadi alternatif. Terutama dalam penanganan dan otorisasi dokumen.

Dengan bergesernya kebutuhan masyarakat ke arah yang serba digital, metode pengesahan dokumen, seperti tanda tangan dan materai elektronik diprediksikan akan menggeser tanda tangan kursif atau biasa kita kenal dengan tanda tangan basah. TTE akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Beberapa layanan digital seperti financial technology (fintech), bank digital, telekomunikasi, dan masih banyak lainnya mensyaratkan tanda tangan elektronik. Ini disertai dengan verifikasi identitas agar dapat bertransaksi secara aman dan nyaman, serta terhindar dari penipuan atau fraud.

Itulah sebabnya, Tanda Tangan Elektronik dengan standar keamanan yang tinggi menjadi salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Penting untuk memahami agar jangan sampai salah kaprah dalam menggunaka. Dalam rangka bulan keamanan siber yang sedang diperingati oleh dunia internasional, berikut adalah lima hal penting tentang tanda tangan elektronik,

1.Tanda tangan elektronik bukan asal scan

Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri dari informasi elektronik terenkripsi. Berupa sertifikat elektronik yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi. TTE yang sah menggunakan mekanisme pengamanan kriptografi dan diterbitkan oleh Certificate Authority (CA). Di Indonesia disebut sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE).

PSrE adalah badan yang terdaftar dan tersertifikasi untuk menerbitkan Sertifikat Elektronik. Sehingga Tanda Tangan Elektronik dapat dan mengikat secara hukum di Indonesia. Tanda tangan elektronik PSrE hanya dapat dimiliki dan digunakan oleh pengguna yang identitasnya telah diverifikasi oleh PSrE penerbit. Serta tidak dapat dialihkan atau digunakan oleh orang lain karena dibutuhkan otentikasi dalam penggunaannya.

VIDA atau PT Indonesia Digital Identity sebagai PSrE berinduk, menambahkan pandangannya. Semenjak lahirnya UU ITE pada 2008, tanda tangan elektronik sudah dikenalkan kepada ekosistem digital Indonesia.

Namun, akses tanda tangan elektronik yang aman dan mudah digunakan masih sangat terbatas dan tidak mudah dipahami orang secara langsung. Hal ini menyebabkan cara yang lebih mudah seperti tanda tangan scan lebih populer, tetapi sangat beresiko dari sisi penipuan identitas.

“Teknologi untuk tanda tangan elektronik dilengkapi verifikasi identitas secara instan dan mudah digunakan. Lebih banyak orang dan pelaku usaha dapat memulai menggunakan tanda tangan elektronik hanya dari satu aplikasi untuk mengembangkan bisnis mereka secara cepat dan efisien.” tutur Sati Rasuanto, Co-Founder dan CEO VIDA, pekan lalu.

2.Tanda tangan elektronik tersertifikasi adalah sah dan memiliki kekuatan hukum yang sama

Dalam pasal 11 UU ITE menyebutkan, TTE memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah. Selama memenuhi persyaratan yang diatur oleh pemerintah. Jadi, tidak perlu khawatir tanda tangan elektronik akan melemahkan dokumen. Sama halnya dengan tanda tangan biasa, dokumen dengan tanda tangan elektronik tetap dapat menjadi alat bukti di mata hukum.

Tanda tangan elektronik juga diperkuat dengan adanya regulasi turunan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang mengakui beberapa penyedia layanan tanda tangan elektronik sebagai acuan bagi kamu memilih layanan yang aman dan terpercaya. Masyarakat juga dapat mengecek daftar acuan lain. Seperti Adobe Trusted List untuk melihat daftar PSrE Indonesia yang juga diakui secara global.

3. Tanda tangan elektronik lebih aman dan susah untuk dipalsukan

Tanda tangan merupakan sebuah lambang atau penanda yang kita berikan sebagai sebuah bentuk pengesahan dokumen resmi. Sehingga keamanan dan keasliannya sangat penting untuk dijaga.

Dalam tanda tangan elektronik, keaslian dokumen yang ditandatangani oleh identitas yang telah terverifikasi, diamankan dan dienkripsi dengan teknologi kriptografi dan unik. Sehingga terjamin tidak dapat dipalsukan dan digunakan oleh orang yang tidak berhak.

PSrE seperti VIDA menghadirkan tanda tangan elektronik yang disertai proses verifikasi identitas secara digital dengan menggunakan teknologi biometrik, pengenalan wajah (facial recognition), serta deteksi kehidupan (liveness detection).

“Dalam proses verifikasi identitas, kami membandingkan biometrik dari pengguna dengan data kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Hal ini penting, mengingat identitas biometrik seperti sidik jari maupun wajah merupakan identitas yang sangat personal dan susah untuk dipalsukan dengan adanya teknologi deteksi kehidupan. Tetapi pada saat yang sama perlu merujuk pada sumber identitas tunggal yang resmi di Indonesia,” terang Sati.

4. Tanda tangan elektronik lebih hemat biaya dan waktu

Mari kita bayangkan skenario ini, kamu sedang bekerja di rumah dan memegang banyak dokumen yang harus ditandatangani oleh atasan. Alih-alih mendatangi rumah atasan atau mengirimkan dokumen menggunakan jasa logistik akan menghabiskan waktu dan biaya, penggunaan tanda tangan elektronik bisa menghemat waktu dan biaya.

“Hanya dengan akses internet lewat smartphone, kamu bisa mendapatkan tanda tangan di manapun kamu berada, bahkan dalam waktu kurang dari 2 detik. Bagi masyarakat umum mungkin hal ini terlihat kecil, tetapi bagi pemilik bisnis, perbedaan menit bahkan detik dalam jumlah penggunaan tanda tangan elektronik yang banyak akan sangat signifikan dalam menekan biaya yang dikeluarkan perusahaan.” tambah Sati.

5. Pilih penyedia layanan tanda tangan elektronik yang terpercaya dan teregulasi oleh pemerintah

Ingat untuk jangan sembarangan ketika memilih penyedia jasa layanan tanda tangan elektronik. Pilihlah entitas yang sudah teregulasi oleh pemerintah serta memiliki rekam jejak yang baik dan teruji. Dengan begitu keamanan data pribadi terjamin dan kamu bisa menggunakan tanda tangan digital dengan lebih tenang dan aman.

Di Indonesia, hanya terdapat beberapa penyedia jasa layanan tanda tangan elektronik atau PSrE yang sudah diakui oleh Kominfo dan bisa menjadi pilihan kamu yang dapat diakses pada website resmi Kominfo di https://tte.kominfo.go.id/. Bahkan dari sebagian penyedia layanan tersebut, hanya beberapa saja yang baru mendapatkan status “berinduk” atau memiliki pembuktian hukum yang tertinggi, antara lain VIDA.

Dengan era yang sudah serba digital, jangan ragu untuk menggunakan tanda tangan elektronik sebagai partner terpercaya dalam urusan personal maupun mengembangkan bisnis secara cepat dan efisien. Namun, jangan sampai lalai dalam menggunakan dan memilih penyedia jasanya agar kamu bisa tetap aman dan nyaman menangani atau mengotorisasi dokumen di dunia digital. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER