Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Transaksi E-Commerce Melesat, Blibli Perketat Keamanan Transaksi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai transaksi e-commerce sepanjang kuartal pertama 2021 mencapai Rp 186,75 triliun. Tumbuh 63,36% yoy.

Ini menegaskan potensi pertumbuhan transaksi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia ke depan. Digitalisasi sektor perekonomian diperkirakan akan mencakup 18,87% produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2030. Meningkat dari posisinya di 2020 yang berada di kisaran 4% dari PDB.

Volume transaksi online sebesar itu pun perlu mendapat perhatian lebih. Ini memastikan pembayaran dilakukan secara sah sekaligus mengurangi potensi risiko yang dapat muncul menjadi seminimal mungkin.

BI telah meluncurkan Standar Nasional Open/API atau SNAP sebagai standardisasi application programming interface (API) bagi seluruh penyelenggara sistem pembayaran online yang beroperasi di Indonesia. Termasuk bank, financial technology (fintech), marketplace, dan e-commerce.

Blibli mengikuti tiap regulasi yang berlaku dalam melaksanakan transaksi online di dalam platformnya. Blibli saat ini memiliki lebih dari 20 opsi pembayaran.

“”Blibli menjaga kenyamanan dan kepercayaan pelanggan dalam setiap transaksi. Dengan meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam menyediakan layanan pembayaran dan menjalankan cyber security secara berkesinambungan,” ujar Ricky Setiadi, Associate Vice President Security Blibli, Senin (1/11).

Menurutnya, Blibli terys memperkuat kapabilitas dalam memastikan keamanan transaksi dan informasi pelanggan. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Menjadi e-commerce Indonesia pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001:2013. Ini adalah tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang diterbitkan oleh British Standard Institution. Terkait kemampuan dalam menerapkan berbagai strategi keamanan data, termasuk dalam hal kematangan arsitektur teknologi dan perlindungan API.
  2. Menjadi e-commerce Indonesia pertama yang mendapatkan sertifikasi Computer Security Incident Response Team (CSIRT). B erkat kematangan menjalankan proses keamanan informasi.
  3. Mencatatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Yakni dalam memenuhi kriteria terkait tata kelola, pengelolaan risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan aspek teknologi keamanan informasi

Blibli mendorong keuangan di Indonesia menjadi lebih inklusif. Mulai menghadirkan Blibli PayLater, blu digital bank bersama BCA Digital dan Kartu Kredit BCA Blibli Mastercard. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER