Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perkuat Ekosistem Diaspora, BNI Xpora Gandeng House of Indonesia Econesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ekosistem diaspora Indonesia tumbuh cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tren ini membuka potensi bisnis global yang kuat mendorong usaha. Khususnya mikro, kecil, dan menengah (UMKM).   

Sejalan dengan tren tersebut, Bank BNI menjalin kerja sama dengan House of Indonesia Econesia atau HOI.  

HOI merupakan sebuah entitas bisnis yang dikelola oleh diaspora Indonesia di Sydney Australia. Selama ini sudah aktif melakukan importasi produk-produk dari Indonesia dan dipasarkan di Australia. 

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki meyakini UKM Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Banyak UKM yang telah menerapkan prinsip eco-friendly dan sustainability.  

Menurutnya banyak UKM Indonesia yang sudah memenuhi standar atau persyaratan yang ditetapkan Australia. Antara lainn ketentuan label dan kemasan, prosedur karantina, seperti Biosecurity Act and Imported Food Control Act atau perlindungan konsumen. Yakni Australian Consumer Law.  

Dia berharap, BNI Xpora dapat menjadi mitra UMKM yang bukan hanya menyediakan sumber pembiayaan ekspor, juga dukungan penunjang perluasan pasar dan pendampingan bagi UMKM. Baik yang berusaha di dalam negeri maupun di luar negeri.  

“HOI ini saya harap dapat berfungsi maksimal dan menjadi ujung tombak yang menawarkan dan menjual produk unggulan UMKM. Baik berupa barang dan jasa serta menjadi pembina untuk desain dan jenis produk yang sesuai persyaratan, selera dan tuntutan pasar setempat,” imbuh Teten, Kamis (17/12).

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, selain mendukung ekosistem Diaspora, pelaku UMKM nasional akan memiliki value proposition yang unggul dan fitur-fitur lebih relevan. 

“Kami harap, dengan kerjasama BNI dan HOI Sydney ini berbagai hal seperti pengadaan produk-produk unggulan Indonesia secara berkelanjutan dan menjadi kesempatan bagi UMKM naik kelas. Sehingga dapat tercapainya 500.000 pelaku UMKM ekspor di tahun 2030,” sebut Royke.

BNI sebagai bank internasional, bertugas membantu pebisnis Indonesia untuk dapat menembus pasar global.

“Melalui BNI Xpora, UMKM mendapatkan dukungan berupa peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, edukasi penyusunan laporan keuangan, hingga dukungan akses pemasaran produk keluar neger. Yakni melalui business matchmaking dengan buyer di pasar global,” ujarnya. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER