DANA Berhasil Mencapai 100 juta Pengguna

FinTechnesia.com | Dompet digital DANA berhasil mencapai 100 juta pengguna di seluruh Indonesia. Capaian ini melanjutkan kinerja positif di 2021, dengan pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 90%. Sekaligus menjadi milestone bagi perjalanan DANA sejak resmi diluncurkan pada akhir 2018.

“Pencapaian ini sekaligus menandakan makin besarnya penerimaan masyarakat terhadap teknologi keuangan dan dompet digital sebagai solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” kata Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA, pekan lalu.

DANA terus berkomitmen untuk mengakomodir beragam kebutuhan dan membuka kesempatan bagi masyarakat mewujudkan keinginan mereka. Baik dengan cara terus melakukan inovasi dan pembaruan fitur maupun melalui upaya-upaya kolaborataif dengan berbagai pihak, mulai dari industri hingga pemerintah daerah.

Di awal tahun ini, DANA menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak, Kalimantan Barat untuk memabantu digitalisasi dan pengembangan UMKM di daerah tersebut.

DANA juga memperluas kemitraan strategis guna mengembangkan fitur-fitur yang semakin bisa memenuhi beragam kebutuhan masyarakat. Sejumlah mitra baru yang berhasil digandeng antara lain BPJS Ketenagakerjaan, Secure Parking dan WeTV.

Di balik pencapaian 100 juta pengguna, berbagai manfaat dompet digital DANA telah dirasakan masyarakat sepanjang tahun 2021. Setiap hari terjadi rata-rata 7 juta transaksi untuk beragam pemenuhan kebutuhan, aktivitas, dan hiburan masyarakat.

DANA juga melihat kini pengguna makin familiar dengan penggunaan QRIS dengan dompet digital DANA. Ada lebih dari 31 juta transaksi menggunakan QRIS di tahun lalu.

DANA juga secara akumulatif menggerakan lebih dari 400.000 UMKM yang makin percaya diri untuk berbisnis secara digital berkat verifikasi yang mudah. Dengan memanfaatkan DANA Bisnis, para pelaku UMKM tersebut berhasil menikmati lonjakakan transaksi hingga 35%. Dan terjadi 15 juta transaksi DANA Bisnis melalui QRIS.

DANA juga menghadirkan fitur Katalog Produk yang memungkinkan pelaku usaha memajang daftar barang usaha mereka secara digital dan membagika ke calon pembeli. Kehadiran fitur ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha yang terindikasi dengan 5.000 katalog produk yang dibagikan sepanjang tahun lalu.

Berkat ekosistem terbuka dan online QR, DANA juga berhasil menggenapkan jumlah merchant online menjadi total 5.000 mitra. DANA memungkinkan integrasi yang mudah bagi mitra dan pengguna dapat menerima pembayaran dari berbagai dompet digital.

Hadirnya tambahan kolom ‘Favorit’ pada fitur Kirim Uang di tahun lalu ikut mempercepat proses pengiriman uang. Hingga akhir 2021, DANA mencatat ada lebih dari 350 juta total transaksi. Dengan menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan yang dilakukan dengan dompet digital DANA.

Selain itu, transaksi pengguna juga dirasakan makin aman dengan jaminan DANA Protection. Setidaknya, lebih dari 21 juta transaksi yang berhasil diproses dan dilindungi dengan DANA Protection di tahun lalu. (nin)