Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:25 WIB

IPB University dan Blocktogo Bekerjasama Kembangkan Aplikasi Blockchain Agribisnis, Pertanahan dan Perikanan

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Pengembangan blockchain terus meluas. Bukan cuma uang kripto. Banyak adaptasi teknologi dari blockchain.

Maka,  IPB University menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MoU) dengan PT Indonesia Blockchain Persada (Blocktogo). Kerjasama keduanya terkait penerapan inovasi blockchain.  

Rektor IPB University, Arif Satria menjelaskan, kerjasama tersebut berpotensi mempercepat tersedianya aplikasi berbasis blockchain yang akuntabel sesuai kompetensi IPB University.  

“Menggunakan pendekatan blockchain akan lebih efisien, trusted, transparan dan traceable. Dari aspek implementasi ini sangat penting sekali untuk percepatan transformasi 4.0,” ujal Arif, Senin (25/7).  

Baca juga: Digitalisasi Marak, Koperasi Akan Kembangkan Blockchain, Kripto, NFT dan Metaverse

Sedangkan Direktur Utama PT Indonesia Blockchain Persada, Muhammad Yafi berharap, kerjasama ini segera terlaksana. “Terutama di sektor agribisnis, pertanahan, dan perikanan. Termasuk sisi ekspor dan impor atau trade finance,” ujarnya. .

Pakar blockchain IPB University yang juga Guru Besar di Fakultas Teknologi Pertanian, Yandra Arkeman mengatakan. untuk membangun sistem logistik pertanian yang transparan, terpercaya, dan terlacak, sementara ini hanya bisa dicapai melalui adopsi teknologi blockchain.

“Penerapan blockchain menjadi peran sentral dalam upaya menciptakan ketahanan pangan yang saat ini tengah menjadi isu nasional dan global,” terang Yandra. (jun)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER