Sabtu, 1 Oktober 2022

Akhirnya Instagram Nyemplung ke Fitur NFT di Indonesia

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Instagram resmi meluncurkan fitur Non fungible token (NFT) di Indonesia masih menjadi tren meski sedang lesu. Terbaru, Instagram meluncurkan fitur ini.

Sekarang kreator dapat mengunggah karya NFT secara langsung dari blockchain ke Instagram. 

Penggemar pun dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT (seni, gambar, video, atau musik) di platform Instagram.

Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday, pemuda yang sukses menjual foto selfie di marketplace NFT OpenSea mengatakan, tren NFT sudah ramai di Indonesia sejak awal pandemi COVID-19. Namun nyatanya masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan aset digital ini.

Adopsi NFT di Tanah Air masih cenderung kurang masif dibandingkan dengan negara-negara lain. “Saya sangat senang dengan fitur NFT di Instagram. Fitur ini membuka akses yang lebih besar bagi kreator seperti saya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kreasi digital yang kami buat,” kata Ghozali, Jumat (5/8). 

Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan platform Instagram setiap hari. Ghozali berharap fitur ini bisa membantu masyarakat lebih memahami dan akrab dengan NFT. 

Dalam rangka peluncuran fitur NFT ini, Ghozali membuat NFT edisi spesial Instagram. Dan mengunggahnya ke akun Instagram pribadinya. 

Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia menjelaskan, Instagram terus mengeksplorasi teknologi Web3. Ia yakin, teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia. 

“Dengan fitur NFT di Instagram, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka. Ke depan, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories,” kata Pieter. 

Fitur NFT di Instagram memungkinkan kreator dan kolektor untuk melakukan beberapa hal.

– Menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram. Dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, dengan Phantom akan segera hadir.

– Berbagi koleksi digital. Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.

– Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

– Saat ini, beberapa blockchain yang didukung oleh Instagram adalah ethereum, polygon, dan flow, serta solana menyusul hadir. (jun)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER