Senin, 3 Oktober 2022

Ancaman Siber Marak, Google dan Kominfo Gelar Pelatihan Bagi Startup

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Sebagai tindak lanjut G20 Digital Innovation Network di Bali Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng d Google for Staups.

Keduanya menyediakan program pelatihan, berbagi keahlian dan sumber daya bermanfaat yang beokus pada privasi kepada lebih dari 30 start up dan mitra lokal.

Organisasi di seluruh dunia secara intensif memfokuskan upaya mereka pada ranah perlindungan data. Upaya-upaya ini tidak hanya dilihat dari kerangka peraturan, juga dari segi konsekuensi jika terjadi pelanggaran.

Selain denda jika ekspektasi hukum tidak terpenuhi, hilangnya reputasi dan risiko memaparkan data sensitif pelanggan dan pengguna kepada penjahat dunia maya juga dipearuhkan.

Melindungi data pengguna dan pelanggan tetap menjadi ranah yang kompleks dan tantangan bagi organisasi,. Khususnya bagi startup, yang seringkali memiliki keterbatasan sumber daya dan keahlian.

“G20 Digital Innovation Network di Bali menggarisbawahi bahwa pentingnya kolaborasi berkelanjutan antara global digital platforms, startup dan pemangku kepentingan lain dalam menciptakan transformasi digital yang membawa kebaikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, pakar GSEC kami akan memberikan workshop dan konseling privasi dengan staup dan mitra lokal untuk membantu mereka melindungi privasi penggunanya.” jelas Putri Alam, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Google Indonesia, Kamis (8/9).

Topik perlindungan data sangatlah luas, melampaui anonimisasi data dan harus dimulai lebih awal dalam proses pengembangan. Salah satu pengetahuan perlindungan data dan prinsip privasi memainkan peran penting sepanjang siklus pengembangan produk.

“Upaya meningkatkan pengetahuan dan kapasitas dalam bidang privasi dan keamanan data sangat krusial dalam transformasi digital Indonesia. Maka dari itu, Kementerian Kominfo RI mendukung penuh kolaborasi yang sudah terjalin ini.” tutup Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia.

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER