Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kaspersky Ungkap Ancaman Siber yang Akan Muncul di Tahun 2023

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Peneliti Kaspersky mempresentasikan prediksi mereka tentang masa depan untuk Advanced Persistent Threats (APT). Mendefinisikan perubahan lanskap ancaman yang akan muncul pada tahun 2023.

Serangan pada teknologi satelit, mail server, maraknya serangan dan kebocoran
yang merusak, peretasan drone, dan serangan besar Epidemi dunia maya selanjutnya adalah salah satu dari beberapa prediksi untuk tahun mendatang.

Tim Riset dan Analisis Global Kaspersky (Global Research and Analysis Team/GReAT) di tahun ini saat melacak lebih dari 900 grup dan kampanye APT. Secara statistik, beberapa epidemi dunia maya terbesar dan paling berdampak terjadi setiap enam
hingga tujuh tahun.

Insiden terakhir adalah worm ransomware WannaCry terkenal, memanfaatkan kerentanan EternalBlue yang sangat kuat untuk secara otomatis menyebar ke mesin yang rentan.

Peneliti Kaspersky percaya kemungkinan besar WannaCry berikutnya akan terjadi pada tahun 2023. Salah satu alasan potensial terjadinya peristiwa seperti ini adalah bahwa aktor ancaman paling canggih di dunia cenderung memiliki setidaknya satu eksploitasi yang disesuaikan.

Baca juga: Risiko Keamanan Siber, Kaspersky Mengungkap, 53% Bisnis Tidak Dapat Meluncurkan Proyek Baru

Salah satu vektor serangan paling kuat, menggunakan server di posisi kunci tulang punggung internet (internet backbone). Ini memungkinkan serangan man-on-the-server, berpotensi kembali lebih kuat tahun depan.

Meskipun serangan ini sangat sulit dikenali, para peneliti Kaspersky percaya bahwa
mereka akan menyebar lebih luas dan akan menghasilkan lebih banyak penemuan.

Mengingat iklim politik saat ini, para ahli Kaspersky memperkirakan serangan dunia maya yang mengganggu dan merusak, yang memengaruhi sektor pemerintah dan industri utama akan mencapai rekor.

Server email menyimpan kecerdasan kunci sehingga menarik bagi para aktor APT dan memiliki permukaan serangan terbesar yang pernah ada. Pemimpin pasar perangkat lunak jenis ini telah menghadapi eksploitasi kerentanan kritis, dan 2023 akan menjadi tahun 0 hari untuk semua program email utama.

Target APT beralih ke teknologi, produsen, dan operator satelit Dengan kemampuan yang ada, bukti APT mampu menyerang satelit – dengan insiden Viasat sebagai
contoh – kemungkinan pelaku ancaman APT akan semakin mengalihkan perhatian mereka ke manipulasi, dan interferensi teknologi satelit di masa depan.


“Persiapan yang lebih baik berarti pertahanan yang lebih baik pula, dan kami berharap prediksi tahun mendatang akan memungkinkan para pelindung untuk memperkuat sistem mereka dan menangkal serangan siber secara lebih efektif,” kata Ivan Kwiatkowski, peneliti keamanan senior di Kaspersky, dałam rilis ke FinTechnesia, belum lama ini. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER