Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pariwisata Bergairah, 96% Masyarakat Incar Destinasi Dalam Negeri, Ini Favoritnya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Setelah berjuang menghadapi dan mengendalikan pandemi selama dua tahun terakhir, sektor pariwisata di Indonesia dan berbagai belahan dunia lain mulai merangkak naik. Ini seiring dengan melonggarnya berbagai persyaratan perjalanan, baik di dalam maupun ke luar negeri.

Mendekati momentum liburan panjang akhir tahun 2022, antusiasme masyarakat Indonesia untuk pergi berlibur kini terasa semakin menghangat. Hal tersebut juga didukung maraknya penawaran menarik dan aktivitas promosi yang digelar pelaku bisnis di industri pariwisata, mulai dari maskapai penerbangan hingga aplikasi perjalanan. 

Berangkat dari hal tersebut, baru-baru ini, Populix kembali melakukan survei untuk melihat lebih lanjut seputar rencana masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan liburan akhir tahun. Dirangkum dalam laporan berjudul “End of Year Vacation Plan Report 2022”, hasil survei menunjukkan, 87% masyarakat Indonesia memiliki rencana berlibur pada akhir tahun. 

Baca juga: Bobobox Memprediksi, Industri Pariwisata Indonesia Bangkit di Tahun Depan

Dibandingkan dengan tahun lalu, minat masyarakat untuk berlibur pada tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Setelah dua tahun berjuang menghadapi pandemi, momentum liburan akhir tahun ini menjadi begitu berharga, terlebih bagi masyarakat yang sudah lama menantikan untuk kembali berlibur bersama dengan keluarga.

Hal ini terlihat juga dari hasil survei Populix yang menunjukkan bahwa 69% responden menyatakan berencana untuk berlibur bersama keluarga dengan durasi perjalanan hingga lima hari. Bahkan, sebagian besar masyarakat telah mempersiapkan agenda berlibur mereka sejak enam bulan hingga satu minggu sebelum keberangkatan.

“Tingginya minat masyarakat untuk berlibur pada akhir tahun ini tentunya diharapkan akan membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang selama dua tahun belakangan mengalami penurunan,” ujar  Eileen Kamtawijoyo, Co-Founder dan COO Populix, pekan lalu.

Sebesar 96% masyarakat memilih untuk menikmati liburan di dalam negeri pada akhir tahun ini. Dengan destinasi paling favorit meliputi Bali (20%), Yogyakarta (17%), Bandung (15%), dan Lombok (13%).

Sedangkan, di antara 4% masyarakat yang berencanak menghabiskan liburan akhir tahun mereka di luar negeri cenderung memilih Singapura (36%), Thailand (19%), dan Saudi Arabia (12%). (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER