Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

PB ESI Jadikan Indonesia Sebagai Sentra Esports Dunia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) berkomitmen menjadikan ajang-ajang bertaraf internasional, baik turnamen maupun summit, sebagai momentum makin memperkuat reputasi Indonesia di percaturan esports global.

Awal Januari ini, dua kejuaraan dunia nomor-nomor gim populer yaitu PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022 dan M4 World Championship 2022 untuk gim Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) digelar di Jakarta, Indonesia. Ke depan, gelaran-gelaran kelas dunia dari berbagai nomor gim juga telah melirik Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan.

Ketua Harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo menjelaskan, gelaran-gelaran internasional seperti turnamen dan summit yang diselenggarakan di Indonesia selaras dengan visi-misi dan desain besar PB ESI dalam mendorong percepatan pengembangan esports di tanah air. Serta menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan esports dunia. 

Baca juga: PB ESI Gelar Eksibisi Para Esports di Indonesia Esports Summit 2022

Dan di tahun 2023 ini,  kesemarakan esports di tanah air dibuka dengan serangkaian perhelatan internasional, salah satunya adalah M4 World Championship 2022 dan M Summit Jakarta 2022.

“Di tahun ini akan banyak agenda penting yang diikuti oleh Indonesia, seperti SEA Games Kamboja 2023, Asian Games Hangzhou 2023, Kejuaraan Dunia Esports IESF 2023. Serta di akhir tahun ini agenda tahunan yang menjadi barometer esports internasional yaitu Indonesia Esports Summit tahun kedua juga akan digelar kembali,” kata Bambang Sunarwibowo, Sabtu (14/1).

Maraknya kegiatan esports di Indonesia juga menjadi momentum tepat meningkatkan pemahaman ekosistem terhadap pentingnya kepatuhan terhadap penegakan regulasi-regulasi keolahragaan. Khususnya terkait esports.

Ia menggarisbawahi presensi pengembang gim lokal di pasar domestik yang masih dapat ditingkatkan. Tercatat oleh Allcorrectgames.com, anak bangsa hanya mewakili 0,4% dari total pangsa pasar domestik.

Sementara, potensi pertumbuhan tahunan pasar gim Indonesia diperkirakan mencapai 7,84% dalam empat tahun ke depan menurut Statista.com. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER