Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penyedia Layanan “TrustTech” Gogolook berhasil gelar IPO di Taiwan

BACA JUGA




Perusahaan "anti-fraud" AI terkemuka di Asia Pasifik ini ingin mempercepat ekspansi di luar negeri dan inovasi agar berkembang pesat di industri

TAIPEI, 13 Juli 2023 /PRNewswire/ — Penyedia layanan TrustTech Gogolook hari ini berhasil melakukan pencatatan saham perdana (IPO) di Taiwan Innovation Board (TIB), Bursa Efek Taiwan (Taiwan Stock Exchange/TWSE), dengan kode saham 6902. Gogolook menjadi perusahaan perangkat lunak kecerdasan buatan (AI) pertama asal Taiwan yang terdaftar pada TWSE dan memperluas pasar global. Dengan dukungan pasar modal, Gogolook ingin mempercepat ekspansi global dan inovasi agar berkembang pesat di industri dalam jangka panjang.

TrustTech provider Gogolook announced today the completion of its IPO listing on the Taiwan Innovation Board (TIB) of the Taiwan Stock Exchange (TWSE), under the ticker number 6902.
TrustTech provider Gogolook announced today the completion of its IPO listing on the Taiwan Innovation Board (TIB) of the Taiwan Stock Exchange (TWSE), under the ticker number 6902.

Berdiri pada 2012, Gogolook menawarkan layanan anti-fraud yang didukung AI dan data di Taiwan dan pasar-pasar utama di Asia Utara dan Tenggara. Whoscall, aplikasi caller ID dan spam blocking populer dari Gogolook, bersama layanan lain dari Gogolook, telah memblokir lebih dari 10 miliar scam call dan pesan teks di seluruh dunia. Lebih dari 40% pendapatan Gogolook kini berasal dari pasar luar negeri. Maka, Gogolook ingin mengandalkan keahlian dan bank data AI guna memperluas layanan deteksi dan pencegahan tindak penipuan (fraud) bagi kalangan perusahaan dan konsumen ke pasar-pasar lain.

"Generative AI menghadirkan tantangan baru bagi industri pencegahan penipuan untuk menurunkan penghalang masuk untuk membuat penipuan dan konten penipuan online, "kata Jeff Kuo, CEO dan salah satu pendiri Gogolook. "Dengan dukungan pasar modal, kami ingin mempercepat ekspansi di luar negeri dan inovasi agar mampu berkembang pesat di industri dalam jangka panjang. Kami akan terus menghadirkan inovasi layanan dan teknologi bagi pengguna individu dan perusahaan sesuai dengan prinsip ‘Build for Trust’. Targetnya, Gogolook dapat menjadi salah satu perusahaan TrustTech terbaik di dunia."

Gogolook bergerak di pasar digital anti-fraud, digital identity, dan kepatuhan regulasi (compliance) yang tengah berkembang pesat. Nilai pasar ini bahkan mencapai lebih dari US$ 250 miliar di seluruh dunia dengan CAGR yang berkisar 18-22%. Gogolook membukukan pertumbuhan pendapatan konsolidasian pada 2022 sebesar 64% YoY, serta mempertahankan margin bruto yang berkisar 85%-90% dalam tiga tahun terakhir. Kinerja ini konsisten dengan industri perangkat lunak yang berkembang pesat. Pendapatan Gogolook pada Semester I-2023 juga naik hingga 100% YoY, mencapai rekor tertinggi baru dalam pendapatan semesteran. Ke depan, Gogolook akan mengeksplorasi pasar lain guna mereplikasi kesuksesan tersebut.

Gogolook meluncurkan produk perdana Whoscall satu dekade lalu, dan kini aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia. Gogolook kini menawarkan layanan digital anti-fraud dan manajemen risiko di Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Brazil melalui bank data anti-fraud terbesar di Asia Timur dan Tenggara. Gogolook juga menjadi salah satu perusahaan terdepan yang memperluas cakupan layanan anti-fraud, dari panggilan telepon, pesan teks, media sosial, hingga kini meliputi transaksi Web3.

Gogolook juga menawarkan layanan data dan AI bagi kalangan perusahaan. Solusi Digital Identity turut membantu pengelolaan KYC (Know Your Customer), AML (Anti-Money Laundering), risiko kredit, dan lead generation onboarding bagi lembaga keuangan dan platform ecommerce. Lebih lagi, layanan proteksi reputasi bisnis, Watchmen, membantu kalangan perusahaan mengidentifikasi dan mengatasi tindak penipuan dengan cepat pada sejumlah kanal, seperti panggilan telepon, pesan teks, dan media sosial. Gogolook pun terus berekspansi di sektor keuangan, berawal dari situs perbandingan produk keuangan pribadi Roo.cash yang telah menjadi pemimpin pasar dan pemain terkemuka di Taiwan.

Sebagai anggota pendiri Global Anti-Scam Alliance (GASA), Gogolook bermitra dengan pemerintah dan asosiasi industri di Taiwan, Korea, Thailand, Jepang, dan Malaysia untuk berbagi pengalaman dalam mengatasi tindak penipuan. Lewat kolaborasi ini, tindak penipuan dapat ditekan seminim mungkin di pasar-pasar tersebut. Selain tampil sebagai perusahaan "new economy software" pertama yang terdaftar pada TIB, Gogolook akan selalu mengembangkan produk baru yang mengutamakan aspek kepercayaan, serta menjalankan praktik tanggung jawab sosial sebagai pionir dalam pemberantasan tindak penipuan digital. 

Informasi lebih lanjut tentang pertemuan pre-listing dalam IPO Gogolook tersedia di: https://youtu.be/UKVg4dgDKoo

Tentang Gogolook Berdiri pada 2012, penyedia layanan TrustTech Gogolook memegang prinsip utama "Built for Trust". Gogolook menawarkan digital Risk Management as a Service berskala global dengan dukungan kecerdasan buatan (AI) dan data. Gogolook menciptakan teknologi yang mengutamakan aspek kepercayaan untuk beragam aplikasi, termasuk teknologi komunikasi dan finansial, serta SaaS bagi kalangan perusahaan. Gogolook menjadi anggota pendiri Global Anti-Fraud Alliance (GASA) dan berkolaborasi dengan Badan Reserse Kriminal, Kepolisian Nasional Taiwan, Otoritas Jasa Keuangan Korea Selatan, Kepolisian Nasional Thailand, Pemerintah Kota Fukuoka di Jepang, Kepolisian Kerajaan Malaysia, serta pemerintah negara bagian Malaysia untuk memberantas tindak penipuan. Memiliki bank data nomor telepon terbesar di Asia Timur dan Asia Tenggara, Gogolook bertekad menciptakan "lingkungan yang bebas dari tindak penipuan". Informasi lebih lanjut tentang layanan Gogolook tersedia di: https://gogolook.com/en.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER