Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Maksimalkan Pengalaman Menonton Video Streaming dengan WiFi yang Ideal

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menonton video streaming menjadi salah satu aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Menurut laporan App Annie yang berjudul State of Mobile 2022, peningkatan total waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk menonton video streaming mencapai 140% pada 2021. Ini menjadi yang tertinggi di dunia.

Namun, untuk menikmati streaming perlu mengandalkan koneksi WiFi yang memadai tanpa jeda atau lag. Untuk itu, sangat penting untuk memahami jenis koneksi WiFi yang ideal terutama bagi yang suka menonton video streaming, guna memastikan pengalaman streaming yang optimal.

Yuk, simak beberapa kriteria WiFi yang ideal,

  1. Memiliki Kecepatan dan Stabilitas Koneksi yang Baik 

    Ketika menonton video streaming, penting untuk memiliki koneksi WiFi yang cepat dan stabil. Ini memastikan video streaming berkualitas tinggi tanpa bufcfering yang mengganggu.

    Silakan memilih teknologi WiFi CAT 6 agar mendapatkan layanan internet broadband yang berkualitas serta dapat memberikan konektivitas WiFi yang cepat untuk mampu menghadirkan akses internet speed melebihi 200 Mbps.

    Kemudian, WiFi dual band dengan perangkat router yang sudah menggunakan teknologi Multi User, Multiple Input, Multiple Output (MU-MIMO) dapat membantu mengakses koneksi yang lebih baik dan dapat terkoneksi dengan lebih banyak perangkat secara bersamaan.  

Kecepatan yang direkomendasikan untuk streaming video YouTube dengan kualitas 4K (2160p) membutuhkan 20 Mbps.

  1. Jangkauan yang Luas

Koneksi WiFi yang memiliki jangkauan luas menjadi penting agar bisa melakukan video streaming di berbagai area rumah atau ruangan dengan nyaman.

Dengan jangkauan yang luas dan kecepatan yang memadai atau tinggi, dapat menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan WiFi secara bersamaan. Untuk mendapatkan jangkauan yang luas, pastikan bahwa jaringan WiFi yang digunakan dilengkapi dengan fitur-fitur yang memadai.

  1. Kapasitas Bandwidth yang Memadai 

Koneksi WiFi dengan kapasitas bandwidth yang memadai merupakan faktor penting untuk kelancaran video streaming. Kapasitas bandwidth yang memadai memungkinkan koneksi untuk menangani beban pemutaran video dengan gambar berkualitas tinggi, tanpa perlu khawatir akan terjadinya penurunan kualitas atau gangguan.

  1. Latensi Rendah

Latensi merujuk pada besaran waktu suatu data melakukan perjalanan dari perangkat pengirim ke perangkat penerima. Dalam konteks video streaming, latensi rendah penting untuk menjaga pengalaman menonton yang menyenangkan.

Latensi yang rendah akan memberikan waktu respon yang cepat antar perintah yang kamu berikan, seperti menekan tombol play atau pause, dan respon yang diterima dari streaming server. Semakin rendah latensi, semakin cepat respon dari server, sehingga pemutaran video lebih cepat untuk dinikmati.

Salah satu upaya penyedia layanan internet dan telekomunikasi untuk memperpendek latensi adalah melalui solusi Content Delivery Network (CDN). CDN, memungkinkan terhubung ke server yang lebih dekat secara letak sehingga memudahkan kamu mengakses beragam konten internet termasuk untuk kebutuhan videostreaming dengan lebih cepat, aman, dan nyaman.

  1. Terdapat Unlimited Internet

Dalam menikmati tontonan favorit, kualitas video yang bagus dan berkualitas HD tentu menjadi kebutuhan utama dan ini membutuhkan kuota yang besar. Streaming video di YouTube dengan resolusi yang tinggi, akan memerlukan 3.04GB per jam untuk 1080p, dan bahkan sebesar 15.98GB per jam jika ingin menonton video dalam resolusi 4K.

Baca juga: Awas, Trojan Mengincar Pengguna Streaming Film

Dengan berlangganan paket data yang sesuai memastikan bahwa kamu memenuhi semua persyaratan kecepatan layanan pada saat video streaming.

Untuk itu, penggunaan WiFi dengan paket unlimited internet sangat penting dalam video streaming. Dengan unlimited internet, dapat menonton video streaming dalam kualitas tinggi, mengunduh file besar, dan berpartisipasi dalam sesi streaming yang lama tanpa khawatir kehabisan kuota. 

Dengan akses unlimited internet, dapat menikmati segala jenis hiburan online, termasuk video streaming dengan berbagi resolusi, tanpa batasan kuota. Fitur ini membuat pengalaman menonton video streaming lebih fleksibel dan tanpa hambatan, memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi dan menikmati konten berkualitas.

Kelima kriteria di atas merupakan rekomendasi WiFi yang cocok untuk meningkatkan pengalaman video streaming, yang dapat ditemukan pada layanan First Media.

Dengan menggunakan teknologi WiFi CAT 6 serta WiFi dual band dari First Media, pengguna mendapatkan pengalaman terbaik dengan WiFi yang andal dan kecepatan yang mumpuni untuk video streaming konten favorit.

Selain itu, terdapat unlimited internet yang bisa dinikmati oleh para pelanggan.. 

Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk, Santiwati Basuki mengatakan, First Media juga mendapatkan rekognisi dari Opensignal yang bertajuk “Indonesia Fixed Broadband Experience”.

“Dalam laporan tersebut menunjukkanFirst Media terbukti unggul dalam kategori “Broadband Video Experience”. Broadband Video Experience ini merupakan salah satu kategori dalam laporan Opensignal yang menghitung tingkat kesuksesan dalam menghadirkan pengalaman streaming video yang positif kepada pelanggan,” terang Santiwati, pekan laniu. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER