Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Tuntaskan Upgrade Layanan 3G ke 4G di Seluruh 504 Kota/Kabupaten

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel telah memastikan hadirnya pemerataan dan kesetaraan akses jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri melalui proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Proses yang dimulai pada Maret 2022 lalu, secara bertahap dan terukur telah dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49.000 BTS ke 4G/LTE.

Kini lebih dari 96% wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel. Melalui upaya tersebut, Telkomsel terus memperkuat perannya sebagai leading digital telco company yang senantiasa menghadirkan konektivitas digital terdepan melalui layanan dan solusi digital inovatif kelas dunia yang melebihi ekspektasi para pengguna, menciptakan nilai lebih bagi para stakeholders, sekaligus mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Dengan rampungnya peningkatan/pengalihan (upgrade) di seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatat peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84% (yoy), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (yoy)

Selain itu, dengan semakin meratanya jaringan broadband 4G/LTE di seluruh wilayah Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51% (YoY).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto menyampaikan, salah satu kunci percepatan transformasi digital di Indonesia adalah perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dalam bentuk pemerataan jaringan telekomunikasi.

Baca juga: Tuntaskan Tahap Akhir Upgrade Layanan 3G ke 4G di 31 Kota dan Kabupaten, Ini Langkah Telkomsel

Untuk mewujudkan arahan tersebut, diperlukan upaya kolaboratif antar sektor, termasuk sektor telekomunikasi. Komitmen Telkomsel yang sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia.

“Ditjen PPI melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan seluruh operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi kepada masyarakat,” kata Wayan, belum lama ini.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, sejak tahap awal peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga telah dirampungkannya di bulan ini, Telkomsel senantiasa memprioritaskan kenyamanan pengalaman aktivitas digital seluruh pelanggan selama rangkaian proses berlangsung.

“Telkomsel optimistis, melalui upaya peningkatan layanan jaringan tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat,” kata Nugroho.

Selain itu, guna menghadirkan beragam pengalaman aktivitas gaya hidup digital yang lebih seamless dan nyaman bagi seluruh pelanggan, Telkomsel juga terus melakukan peningkatan kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi di seluruh jaringan.

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga terus mengajak pelanggan segmen korporasi/enterprise serta industri yang memiliki layanan machine to machine (M2M), seperti perangkat electronic data capture (EDC) untuk layanan perbankan atau pembayaran elektronik, serta perangkat berbasis internet of things (IoT) yang harus terhubung dengan jaringan broadband, untuk dapat melakukan percepatan migrasi perangkat ke teknologi yang mendukung jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Percepatan tersebut akan memberikan kepastian pemanfaatan layanan dari perangkat yang disediakan agar dapat beroperasi lebih optimal melalui dukungan jaringan broadband 4G/LTE dari Telkomsel. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER