Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Atasi Gejala Remaja Jompo, Simak Lima Tips Hidup Sehat ala Tokopedia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Remaja jompo’ sering terdengar belakangan ini. Istilah tersebut merujuk pada kalangan muda yang cenderung cepat lelah, nyeri pinggang dan pegal usai beraktivitas.

Jika dibiarkan, gejala ‘remaja jompo’ bisa merujuk ke arah penyakit tidak menular (PTM). Seperti diabetes, asam urat, kolesterol dan masih banyak lagi.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat PTM akibat gaya hidup yang tidak sehat. Riset tersebut melihat 95,5% masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah, 33,5% masyarakat kurang beraktivitas fisik dan 29,3% masyarakat usia produktif merokok setiap hari.

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega mengungkapkan, menjaga kesehatan sangat penting dilakukan oleh masyarakat dari segala usia termasuk remaja. Untuk mendapatkan produk kesehatan dan perawatan diri, masyarakat bisa mengunjungi Tokopedia Zona Sehat.

“Ada flash sale dua kali sehari hingga 90% jadi belanja bisa lebih hemat,” kata Antonia, Sabtu (26/8).

Tokopedia membagikan lima tips hidup sehat yang dapat dilakukan kalangan muda demi menjaga kesehatan serta kebugaran dalam beraktivitas setiap saat.

  1. Pakai essential oil agar tidur berkualitas.
    Hindari bergadang dan buat jadwal tidur yang teratur. Hal ini penting untuk menunjang kesehatan fisik maupun mental.

    Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu memulihkan energi dan
    mengurangi risiko kelelahan yang umum terjadi pada ‘remaja jompo.

    “Penjualan essential oil di Tokopedia sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester sebelumnya meningkat hampir 1,5 kali lipat,” kata Antonia.

    Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk aromaterapi dari pelaku usaha
    lokal di Tokopedia yaitu Peek Me Naturals. Selama kuartal II 2023, penjualan Peek Me Naturals di Tokopedia naik hampir 1,5 kali lipat dibandingkan kuartal II 2022.
  2. Hangatkan badan dengan minyak telon
    Penggunaan minyak telon sangat erat dengan fenomena ‘remaja jompo’. Minyak telon cocok untuk menghangatkan tubuh yang tegang, seperti leher dan pergelangan tangan.

    Menghirup minyak telon juga bermanfaat untuk meredakan stres dan menenangkan pikiran.

    Doodle Official Shop, salah satu contoh pelaku usaha lokal di Tokopedia, memproduksi minyak telon dalam bentuk roll-on. Sehingga lebih mudah digunakan.

    Selama satu bulan ke belakang, penjualan Doodle di Tokopedia, termasuk produk minyak telon, meningkat hampir 1,5 kali lipat dibandingkan transaksi rata-rata sepanjang kuartal II 2023.

    Baca juga: Tokopedia Fashion Week Kembali Digelar, Dorong Brand Fashion Lokal
  1. Gunakan lumbar back support untuk perbaiki postur tubuh
    Salah satu keluhan ‘remaja jompo’ adalah sakit punggung. Untuk mengatasi sakit punggung, Kemenkes RI menyarankan untuk menjaga postur tubuh tetap tegak saat
    duduk atau berdiri guna mengurangi tekanan berlebih pada otot dan tulang belakang.

    Untuk membantu memperbaiki postur tubuh saat duduk, masyarakat disarankan menggunakan pendukung pinggang (lumbar back support). Perlengkapan ini dapat mengurangi risiko masalah tulang belakang dan punggung yang umumnya terjadi pada generasi muda.

    “Penjualan lumbar back support melonjak hampir 1,5 kali lipat di Tokopedia sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022,” tambah Antonia.
  2. Rajin berolahraga
    Bagi kelompok usia muda, World Health Organization (WHO) merekomendasikan berolahraga minimal 150 menit sepekan dengan intensitas sedang hingga rendah.

    Kemampuan durasi berolahraga bisa dibangun pelan-pelan. Mulai dari 10 menit-15 menit. Jangan langsung memaksa berolahraga berat. Beri juga jeda hari tanpa berolahraga untuk beristirahat.
  3. Perhatikan kebutuhan gizi
    Di tengah aktivitas fisik yang padat, terutama di musim kemarau, kebutuhan gizi sangat perlu. Prioritaskan konsumsi makanan kaya protein. Secara umum, kebutuhan harian protein seseorang adalah 0,8-1,2 gram dikali berat badan.

    Misal, jika berat badan seseorang adalah 50 kg, maka protein yang dibutuhkan yakni sekitar 40-60 gram per hari.

    Sayur dan buah mengandung banyak air dan elektrolit sehingga esensial bagi ‘remaja jompo’ untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi terutama sepanjang musim kemarau.

    Selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023 lalu, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023, penjualan produk sayur dan buah lewat Tokopedia meningkat hampir 2 kali lipat.

    Masyarakat bisa membeli berbagai bahan makanan segar seperti sayur dan buah dalam waktu kurang dari 2 jam melalui Tokopedia NOW!,” tutup Antonia. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER