Sabtu, 22 Juni 2024
FINTECHNESIA.COM |

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru: Saluran, Ini Kata Korporasi dan Lembaga

BACA JUGA




FinTechnesia.com | WhatsApp meluncurkan fitur baru. Mark Zuckerberg baru saja menyampaikan peluncuran Saluran WhatsApp secara global. 

Saluran WhatsApp adalah sebuah fitur yang akan memberikan pengguna cara yang lebih privat untuk menerima informasi yang penting bagi Anda.

“Tujuan kami, membuat layanan siaran paling privat yang tersedia saat ini. Saluran berbeda dari chat Anda dan saluran yang Anda pilih untuk ikuti tidak akan terlihat oleh pengikut lain,” tulis WhatsApp, Rabu (13/9).

Pada dasarnya, saluran adalah cara yang sederhana, tepercaya, dan privat untuk menerima informasi penting dari individu dan organisasi secara langsung melalui WhatsApp. 

Saluran akan Anda temukan pada tab ‘Pembaruan’. Anda dapat melihat Status serta saluran yang Anda ikuti. Saluran merupakan bagian yang terpisah dari percakapan Anda dengan keluarga, teman, dan komunitas.

Saluran dilengkapi tingkat keamanan privasi yang tinggi yang sesuai dengan ekspektasi pengguna WhatsApp. Dimulai dengan menjaga kerahasiaan informasi pribadi admin dan pengikut saluran.

Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil Anda tidak akan ditampilkan kepada pengikut.

Selain itu, nomor telepon Anda tidak akan dibagikan kepada admin atau pengikut lain. Siapa yang ingin Anda ikuti adalah pilihan Anda dan itu bersifat privat.

WhatsApp akan memungkinkan admin memutuskan siapa yang dapat mengikuti salurannya dan apakah mereka ingin salurannya dapat ditemukan di direktori atau tidak.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp Sudah Bisa untuk Beberapa Ponsel Sekaligus 

Karena Saluran bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, Saluran tidak di enkripsi end-to-end secara default.

Telah hadir ribuan saluran terbaru di WhatsApp. Seperti Olivia Rodrigo, David Guetta, Billboard, FC Barcelona, Real Madrid, dan masih banyak lagi. Mark Zuckerberg, CEO Metatelah meluncurkan Saluran WhatsApp pribadinya:  https://www.whatsapp.com/zuck

Di Indonesia, beberapa organisasi telah memulai salurannya, termasuk BMKG, dan saluran dari perusahaan konten Fremantle untuk acaranya seperti X Factor Indonesia dan Indonesian Idol.

“Kami mulai meluncurkan Saluran WhatsApp secara global dan menambahkan ribuan saluran baru yang dapat diikuti orang di WhatsApp. Anda dapat menemukan Saluran di tab ‘Pembaruan’ baru,” kata Zuckerberg, CEO Meta

Sakti Parantean, Managing Director Fremantle Indonesia menyatakan, Saluran WhatsApp memberikan manfaat luar biasa bagi Fremantle Ini adalah perusahaan konten dengan berbagai acara TV, seperti Indonesian Idol, X Factor Indonesia, Super Deal Indonesia dan Take Me Out Indonesia.

“Saluran WhatsApp memungkinkan kami berbicara langsung dengan pemirsa. Kami juga berencana menggunakan fitur ini untuk berbagi konten eksklusif untuk membuat penonton merasa lebih dekat dengan acara kami,” terang Sakti.

Mohamad Muslihhuddin, Kepala Biro Hukum dan Organisasi BMKG menyatakan, Saluran WhatsApp dapat menjadi sarana komunikasi yang membantu BMKG untuk menyampaikan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika. Termasuk prakiraan cuaca dan informasi gempa, yang andal dan terpercaya kepada masyarakat.

“Informasi yang salah dapat dihindari karena masyarakat bisa langsung mengakses informasi dari akun official BMKG di Saluran WhatsApp,” terang Muslihhuddin. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER